Monday, January 16, 2012

Amy and Roger's Epic Detour by Morgan Matson

Amy and Roger's Epic Detour

My rating: 4 of 5 stars


Biasanya saya menghindari buku-buku yang sedih, suram dan bisa bikin nangis. Dan dari awal buku ini udah suram banget.

Berawal dari Amy yang bersiap-siap pindah dari rumah lamanya di Raven Rock, California menuju Connecticut.

Tiga bulan sebelumnya ayah Amy meninggal karena kecelakaan. Karena kenangan tentang si ayah yang sangat kuat, Ibu Amy kemudian memutuskan mereka pindah ke Connecticut. Tapi Charlie yang makin bermasalah kemudian dikirim oleh ibu Amy ke pusat rehabilitasi dan Amy harus tinggal sendirian dirumah lama mereka sampai ujian sekolahnya selesai dan baru kemudian pindah ke Connecticut. Ibunya telah duluan pergi untuk mempersiapkan rumah baru mereka.

Amy kemudian diminta oleh ibunya untuk membawa mobil mereka ke Connecticut. Karena Amy trauma dengan kecelakaan yang dialami ayahnya, ibunya kemudian meminta Roger anak dari temannya untuk mengantar Amy dan mobil tersebut ke Connecticut. Lagipula Rogerpun juga sedang dalam perjalanan untuk berlibur dirumah ayahnya di Philadelphia yang hanya beberapa jam dari Connecticut. Ibu Amy bahkan telah menyiapkan rute perjalanan mereka, lengkap dengan hotel-hotel yang telah dibookingnya dan kartu kredit darurat yang bisa digunakan untuk makan dan membeli bahan bakar mobil.




Amy yang menarik diri sejak kematian ayahnya awalnya merasa tidak nyaman dengan Roger. Tapi ketika Roger menawarkan untuk menempuh rute lain menuju Connecticut, Amy menyetujuinya. Dan tempat pertama yang mereka kunjungi adalah Yosemite National Park di central California.

Waktu kecil dulu Amy, Charlie dan ayahnya mengunjungi Yosemite tiap tahun. Tapi selama beberapa tahun terakhir ini mereka tidak pergi karena jadwal masing-masing yang mulai sibuk.

Dengan detour mereka ini, yang melintasi lebih dari 12 negara bagian, Amy mengunjungi tempat-tempat yang membuat kepedihan hatinya terobati dan mulai bisa menerima kenyataan bahwa ayahnya memang tidak akan kembali lagi.

Ia mendatangi tempat yang direncanakan ayahnya untuk mereka kunjungi dilibur musim panas mereka mendatang. Mengunjungi Charlie yang tidak diperbolehkan menerima tamu di pusat rehabilitasinya. Melepaskan kemarahan dan frustasinya kepada Charlie karena hubungan mereka yang semakin jauh. Dan pada akhirnya belajar menerima bahwa ia tidak membunuh ayahnya.

 Sedangkan bagi Roger, detour ini juga merupakan sebuah pencarian baginya. Diputuskan secara sepihak oleh pacarnya Roger memutuskan mencari pacarnya tersebut, Hadley, kerumahnya. Tapi kebersamaan mereka ini menimbulkan ketertarikan antara Roger dan Amy. Dan pada saat ia menemui Hadley, Roger sudah yakin bahwa ia tidak ingin melanjutkan hubungannya dengan Hadley lagi.

Kesedihan Amy yang ditinggal mati oleh ayahnya ini terasa kental banget. Apalagi Amy emang anak kesayangan ayahnya, sedangkan Charlie anak kesayangan ibunya. Apabila mereka sedang pergi berlibur, pasti Amy yang duduk dibangku depan, membaca peta mencari rute jalan tercepat dan membuka bungkusan permen untuk dimakan ayahnya. Sedangkan Charlie dan ibunya duduk dibelakang sibuk membahas buku-buku yang mereka baca.

Ada beberapa adegan yang sempat bikin saya berkaca-kaca dan sedikit terisak…

Yang paling menarik dari buku ini adalah Journal Scapbooknya Amy. Di jurnal tersebut terlampir foto-foto tempat yang mereka kunjungi. Ada tanda terima dari tempat mereka makan, atau kwitansi dari minimart tempat mereka beli snack, terus juga ada keterangan dari setiap negara bagian yang mereka kunjungi. Misalnya moto dari negara bagian tersebut, luas wilayahnya, jumlah penduduknya, dll. Pokoknya menarik deh..



8 comments:

  1. Waah tambah pengen baca buku ini, ternyata ada scrapbooknya ya? keren!!

    Duh, suka banget dengan covernya :)

    ReplyDelete
  2. kayaknya boleh ni buku apalagi pake scrapbook gitu.... malah jadi penasaran dengan scrapbook-nya daripada bukunya... *dihajar* :)))))))))))

    ReplyDelete
  3. iya, ada foto2nya. jadi berasa ikutan detour ama Amy n Roger :)

    ReplyDelete
  4. Wah, mirip2 sama Elizabethtown deh.. ada scrapbooknya segala~ *looks so beautiful*

    ReplyDelete
  5. Elizabethtown?? wah mesti dicari nih...

    ReplyDelete
  6. wahhh masuk wishlistku nih, semoga ada yang nerjemahin, btw ak kok ga menemukan follow bloh ini ya? :D
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  7. eh udah nemu ding, hehehehe *koneksi lemot*

    ReplyDelete
  8. @okeyzz : bukannya Elizabethtown itu film yah??? Based on book-kah??? Yang ngebintangi Kirsten apa gitu (yang main Spider Man) dan Orlando Bloom...

    ReplyDelete