Monday, January 2, 2012

Crash Into You by AliaZalea

My rating: 2 of 5 stars



Sangat menyesal mengawali 2012 dengan buku ini... :(

Padahal bela-belain ngaduk2 gramedia buat nyari buku ini coz stok cuma tinggal beberapa biji dan keberadaannya entah dimana.

Nyampe rumah dengan semangat merobek sampul plastik buat mulai membaca. Prolog nyampe halaman 8 lumayan menarik, tingkah anak SD kalo lagi suka2an emang lucu buat di baca (ingat pengalaman temenku yang jadi guru SD dan nemuin surat cinta muridnya).

Nyampe ke hal 9 tentang Apple Martini semangat agak kempes. Terbiasa sama minuman keras sepertinya.

Nyampe hal 10 semangat langsung melayang saat baca kalo si cewek udah ga virgin dan sepertinya menganggap tidur dengan laki2 yang bukan suami adalah hal yang biasa (asalkan bisa ingat wajah si lelaki)...

Tapiiiiii.... mengingat usaha ngedapetin bukunya dan sudah terlanjur beli, diusahakan jugalah buat menyelesaikannya. Rugi dong ya, udah ngeluarin duit hampir 50rb terus buku dilempar padahal baru nyampe prolog! Beda kalo ini ebook gratisan, bisa langsung delete. hehehehehe...


Lanjut lanjut lanjut baca, akhirnya setelah 2 jam selesai juga. 

kesan saya ??? ini dia :

1. Terlalu banyak kata "shit" dibuku ini.

2. Terlalu mengedepankan keglamoran dan kecanggihan hidup di kota besar. Apa karena disebabkan kata "metro" dari metropop???

3. Dibuku ini "diisyaratkan" kalo Nadia punya masalah dengan penampilan dan ngerasa ga pede kalo jadian ama Kaska. Well, dengan 5 mantan pacar (hal.31) seharusnya ga ada masalah dengan penampilan ato kepercayaan diri dong...

Ummm.. kalo AliaZalea emang mau menjadikan ini masalah cewek yang ga pede ama penampilannya dan naksir ama cowok paling keren, saya sarankan dia baca Bet Me-nya Jennifer Cruise atau You Don't Have To Say You Love Me-nya Sarra Manning.

4. Punya 2 saudara cowok yang sangat protektif? Yep, kadang mengesalkan tapi banyak juga senangnya (pengalaman pribadi ;p).. Tapi kalo sampe si saudara bertaruh adiknya sudah hamil sebelum menikah (hal 273)??? Ckckckckckck... kebeneran itu!!! Kalo di dunia nyata mungkin udah dipotong anunya di pacar sama si saudara yang protektif itu!!!

5. Apakah sms yang dikirim Kaska bisa disebut sebagai pelecehan sexual kalo yang nerima malah menikmatinya? apa ga lebih tepat disebut sex game ato malah foreplay??? Nadia ga pernah bilang No atau STOP untuk sms2 Kaska yang melenceng ini. Yang ada malah menanggapi dengan sama melencengnya.

6. Yang paling penting adalah interaksi antara Nadia dan Kaska sangat sedikit sekali. Maksudnya disini adalah interaksi yang menumbuhkan bibit cinta diantara keduanya. Ada banyak pertemuan dirumah sakit, tapi itu lebih membahas mengenai kesehatan ayah Nadia (diluar 8 halaman mereka bercumbu dirumah sakit). Terus ada juga pertemuan2 di klub malam yang dimiliki Kaska, tapi tetap aja tuh ga ada hal2 personal yang mereka bicarakan.

Ada sms dan telepon2an, lebih banyak si Nadia ngerasa di sexually harras ama si Kaska. Kapan dong mereka jatuh cintanya? Kecuali Nadia jatuh cinta karena dilecehkan oleh Kaska???

Bolehlah si Kaska udah naksir Nadia sejak SD, tapi hampir 20 tahun terpisah (menurut si penulis, yang rasanyanya ga sinkron banget ama umur mereka sekarang yang 28 tahun) pastinya mereka berubah dong ya? perjalanan hidup pasti akan membekas dalam kepribadian seseorang.

Begitulah kesan saya mengenai buku ini. Berniat untuk membaca 3 bukunya yang lain coz pengen tau apakah dia menulis semua bukunya seperti ini...

Update (11/2/2011) :  setelah baca lagi review buku ini baru nyadar kalo nama tokoh cowoknya sebenarnya KAFKA!!! hahahahaha...
Aduuuhhh... emang ga berbekas banget buku ini buat saya. padahal bikin review ini hanya 1 hari setelah membacanya.





27 comments:

  1. wakakkakaa.. aku juga rada2 gimanaaa gitu baca novel ini. Sebel sama si tokoh cewek yang sok-sok ngga mau padahal pengen. ewwww... -_-
    btw, aku lagi mau baca You dont have to say you love me. Bagus ya?

    ReplyDelete
  2. bagus banget... ini cewek yang berhasil menurunkan berat badannya lebih dari 40kg melalui perjuangan panjang terus ditaksir ama cowok yang dikenal sebagai man-whore karena banyak banget ceweknya :)

    unsticky-nya Sarra Manning juga bagus lho..

    ReplyDelete
  3. Numpang mampir mbak :P
    Waaah padahal awalnya saya tertarik sama buku ini meskipun saya sudah ilfil sama Miss Pesimis dan Blind Date hahaha.
    Jadi pengen baca Bet Me juga deh >____<
    anyway, hanks mbak. reviewnya jadi bikin mikir-mikir buat beli nih. pinjem aja lah hehe :)

    ReplyDelete
  4. salam kenal repaprie :)
    ide ceritanya bolehlah.. di goodreads ada juga tuh yang kasih bintang 5. tapi menurut saya buku ini ga punya konflik yang bisa bikin pembacanya gregetan..

    ReplyDelete
  5. btw, novel aliazalea itu banyak adegan sex ya. saya pernah baca 1 novelnya (bukan crash into you) dan sangat menyesal membacanya. setelah ada yg mengarah ke itu, saya langsung stop baca. untungnya ebook :)

    ReplyDelete
  6. hi annisa :)
    kalo dibuku ini adegan sex belum nyampe lah. tapi udah menjurus kesana... selain hal ini, aku sih lebih merasa kesal karena konflik dan jalan cerita yang menurutku ga jelas...

    ReplyDelete
  7. oh gitu... oke deh. Btw, makasih buat review-nya, saya jadi bisa mikir dulu sebelum beli :D

    ReplyDelete
  8. Kalau menurut pandangan saya, tentang adanya adegan yg mengarah ke sex itu memang dimunculkan untuk menggambarkan kehidupan di dunia metropolitan yang gak jauh-jauh dengan hal tersebut. Memang sih gak semua kehidupan di kota besar seperti itu. Dan lagipula genre dari novel ini adalah metropop yang sebanding dengan chicklit. Saya juga sering baca chicklit yang ada adegan ke arah sex. sepertinya novel milik mbak Aliazalea ini cocok untuk usia 18++ :)

    ReplyDelete
  9. @ Nheea : Sory, baru liat komennya...:(
    pertama, makasih sudah mengkomen di blog saya. ga nyangka deh postingan saya yang ini banyak dilihat orang. padahal buku2 yang saya label 5* banyak juga lho. jadi heran *garuk2 kepala*

    sepertinya kategori buku2 AliaZalea emang mesti dimasukin ke 18++ ya. mungkin AliaZalea memang mengasosiasikan kategori metropop ini dengan kehidupan yang hura2 dan glamor.

    tapi banyak juga lho penulis metropop yang tidak mengumbar sex/kehidupan bebas seperti dibuku ini. contohnya Dewi Sekar, penulis metropop favorit saya. tokoh2nya biasanya adalah wanita-wanita modern yang tahu gimana menjaga kehormatannya. wanita2 yang berjuang agar berhasil dalam karir dan juga percintaan. bagi saya yang seperti inilah penggambaran "metropop" yang cocok dengan selera saya.

    menurut saya metropop hampir bisa dikatakan chicklitnya Indonesia. tapi sudah sesuaikan metropop dengan pengertian genre chicklit itu sendiri? menurut wiki :
    "Chick lit is genre fiction which addresses issues of modern womanhood, often humorously and lightheartedly"

    apakah issue/permasalahan utama si tokoh perempuan dibuku ini??? rendah diri? sexual harassment? karir?
    hmmm.. udah lupa nih, kerjaannya si tokoh perempuan apa ya??? ^^;

    tapi kembali lagi pada hal yang paling utama. Ini adalah masalah selera :)

    ReplyDelete
  10. Menurut saya, novel aliazalea itu semuanya bagus. Mulai dari miss pesimis, blind date, crash into you sampai novelnya yg ke 4 yaitu celebrity wedding. Yg buat link ini itu mungkin bukan maniak novel. Karangan aliazalea ini sangat bagus malah. Saya selalu menanti-nanti novelnya yang berikut. Stop judge! Kalau bisa buat dong novel yang lebih bagus!

    ReplyDelete
  11. aleazalea paling ngena tu yg celebrity wedding..;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi nunggu pinjeman mba... semoga ada yang sudi minjemin :)
      terimakasih sudah berkunjung....

      Delete
  12. kira2 ada minat dijual lagi nggak tuh mbak bukunya? ane tawar :p

    ReplyDelete
  13. menurut saya penulis AliaZalea benar-benar mengikuti kesan dari tema buku yaitu Metropop .Setiap Novel bukan hanya menceritakan segala kepositivan dunia , tapi semua aspek kehidupan yang dialami begitu aja sih hehe :D

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Menurut saya, itu memang terserah authornya mau bkin plot kayak gimana, dan lagian dia itu memaparkan bagaimana kehidupan di kota" besar kayak jakarta. secara sadar atau gak sadar pergaulan kayak gini itu pasti ada di semua tempat biarpun tidak dengan setting yang sama " teknologi yang terlalu modern". dan memang novel" sekarang sering menggunakan keadaan di jakarta sebagai potret setting tempat cerita mereka berlangsung. Well, nggak bermaksud nge-judge juga cuman at least kalo mau baca yang novel" mengarah ke novel klasik yah jangan baca metropop atuhh, kan rata" novel terbitanya dia agak rated bgtu. dan lagi kafka dan pemeran utama ceweknya juga punya kelebihan kok gak harus diliat dari sisi negatifnya terus jga kali

    ReplyDelete
  16. maaf,maaf ni, saya justru ngefans sma semua novel karya AliaZalea, dari blind date smpe dirty litttle secret. saya suka penggambaran karakter di setiap novelnya,dan dia bisa bikin saya gregetan setiap baca novelnya,padahal dengan konflik yang termasuk konflik2 simple.
    tapi saya nggak berhak menyalahkan org2 yang nggak suka sma novel karya AliaZalea juga sih,kan selera orang memang beda2. dan gaya penulisan setiap penulis juga berbeda2^^
    mungkin karena saya tipe yang lumayan flexible juga untuk membaca semua genre,jadi saya juga nggak masalah dengan cerita di novel2 AliaZalea yang tergolong 18+ itu :D

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya ada juga novel aliazalea yang gak cuma sex, like blind date disitu tokoh ceweknya titania menjaga banget buat gak sex before married. cuma ya karena kategorinya metropop dan emang novelnya dewasa ya ada nyrempet2 gitu

    sebenernya bagus dibaca kalau yang baca udah cukup umur 21+
    dirty little secret, celebrity wedding, miss pessimis, blind date, crush into you
    kalo aku pribadi aku paling gak suka ma crush into you

    buat yang udah 21+ dirty little secret n blind date bagus

    ReplyDelete
  18. Sorry I think you shouldn't give any comment because you don't know about the process of writting this novel it would be better to respect the author anyway this is just a simple manner that should be known by a good reader and reviewer please forgive me if you feel uncomfort because of this advice thanks :) see ya

    ReplyDelete
  19. Saya penggemar karyanya aliaZalea, tapi saya harus jujur Crush Into You memang pencapaian paling buruk dari aliaZalea. Jalan cerita ngalor ngidul, Nadia dan Kafka juga gak terlalu berkesan. Tapi gak masalah karena menurut saya karya aliaZalea yang lain perfect hehe.

    ReplyDelete
  20. Makasih Mbak Ira untuk reviewnya...Saya penggemar novel segala genre tapi paling malas untuk mereview, jadi member goodread pun akhirnya malah jadi pembaca setia review hahaha...
    Saya pernah baca satu buku Alia Zalea yang Miss Pesimis, lumayanlah menurut saya...Saya belum baca yang ini, tapi jadi pengen baca jadinya hehehe... Saya itu orangnya penasaran, jadi mo review bintang 5 ataupun bintang 2, tetep aja bikin saya gregetan pengen baca buku-buku tersebut, soalnya penasaran, kalo bintang 5 apa memang sebagus itu bukunya, atau kalo bintang 2, apa memang flat aja ceritanya...
    Btw, jangan berhenti mereview ya Mbak... Sama halnya buku, hasil review pun juga bisa bikin pro kontra, saya pernah baca di goodread review yang bikin penulisnya kebakaran jenggot... Apakah review yang memperlihatkan kekurangan pada buku membuar reviewer jadi "TIDAK MENGHARGAI PENULIS"? Menurut saya tidak...Bagi saya pribadi, review itu merupakan masukan berharga bagi penulis berapapun bintangnya untuk meningkatkan kemampuannya menulis karena akan terlihat kelebihan dan kekurangan dari karya yang sudah dihasilkan dari sisi pandang pembaca, jadi buku-buku berikutnya bisa lebih baik dari yang sebelumnya... Pembaca punya ekspektasi setelah membaca resensi, dan ekspektasi itu lah yang harus dipenuhi oleh buku setelah dibuka sampulnya...Dan tidak semua buku bisa memenuhi ekspektasi pembacanya.. Pembaca tidak peduli mengenai proses writing dsb, hanya pada hasil akhir yang ada di toko buku.. Sama halnya, konsumen tidak peduli proses inovasi dan produksi produk, hanya peduli apakah produk tersebut memenuhi ekspektasinya atau tidak...

    ReplyDelete
  21. jelas aja, alia zalea-nya bikin novel metropop. perlu diingat bahwa metropop itu menggambarkan kehidupan kota besar, jadi yang ada dalam novel itu ya udah biasa. kalo buat kamu mendingan baca teenlit aja, mungkin lebih cocok :)

    ReplyDelete
  22. iya saya baru kelar baca crash in to you semalem, dan ngerasa aneh soal hp kafka yg rusak, pdhl cinta mati, apa ga bisa hub ke ktrnya atau lewat keluarganya? , trus karakter ceweknya jg ga jelas ya? dan tiba2 jatuh cinta, hny karena sms sex? komunikasinya dan pertemuan berdua yg bikin mrk saling jatuh cintanya kuraaang...hehehe.. tp ya lumayan menghibur lah, soalnya saya baru kelar baca run to you by indah hanaco, trus ke crash in to you, tetep suka melvin, ga papa dong, namanya juga selera, ya kan?

    ReplyDelete
  23. suka banget sama novel karya ka aliaazalea yang satu ini... gak terlalu banyak konflik..






    numpang nitipin link aku yaa..kalau mau berkunjung juga boleh..
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal.
    thanks before sis..

    ReplyDelete
  24. Yang suka novel "Crash Into You" karya aliaZalea silahkan kunjungi link ini di http://www.aksiku.com/2015/02/jual-novel-crash-into-you-aliazalea.html

    Kondisi BEKAS, Cukup Bagus, 20 ribu saja.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Much thanks to you for giving such significant information. Thank you for taking the time to explain this.

    ReplyDelete