Sunday, March 17, 2013

Gokusen (1-15) by Kozueko Morimoto




My Star : 4 of 5stars




Ini salah satu komik yang ga bakal bosan saya bacanya. Ceritanya kocak banget dan walaupun udah berkali-kali baca tetep aja bisa mancing ketawa. Dibuku ini kita dikenalkan dengan toko cewek yang ga cantik-cantik amat, tokoh cowok yang ganteng banget dan para pemeran pembantu yang berwajah hancur-hancuran.

Adalah Kumiko Yamaguchi, seorang guru baru di SMA Shirokin sekolah cowok yang terkenal berandalan. Penampilannya biasa-biasa saja, tidak seksi seperti Bu Fujiyama yang sama-sama baru masuk ke sekolah itu dengan Kumiko dan juga tidak kelihat pinter-pinter amat walaupun berkacamata.


Kumiko menjadi wali kelas 2-4. Pertama kali masuk dia hanya menemukan ruangan yang diisi oleh 2 orang murid. Sisanya ternyata kabur untuk melihat si guru baru seksi alias Bu Fujiyama. Saat kembali ke kelas mereka sama sekali mengacuhkan Kumiko, malah berusaha menjahilinya. Salah seorang murid kemudian melempari Kumiko dengan bola pachinko saat Kumiko sedang menulis di papan tulis. Tanpa menoleh Kumiko berhasil menangkap bola tersebut, yang membuat murid2nya terkejut. Dan kemudian dengan lagak takut-takut Kumiko memarahi murid yang melemparnya.

 Tapi aksi lugunya ini tidak dipercaya oleh Shin Sawada yang secara tidak resmi merupakan ketua murid-murid berandalan di kelas 2-4 ini. Shin yang penasaran kemudian terus mengikut Kumiko yang dijuluki Yankumi oleh murid-muridnya.

Setelah beberapa kejadian, akhirnya Shin mengetahui kalau Kumiko sebenarnya adalah cucu dari Ryuichiro Kuroda, bos ketiga Klan Kuroda yang merupakan keluarga Yakuza. Dan Kumiko sendiri adalah pewaris keempat.

Buku ini terdiri dari seri 1 – 15 dan di setiap buku ada sekitar 10 bab cerita pendek yang bisa saja ceritanya langsung tamat atau malah bersambung sekitar 2-3 bab. Enaknya membaca buku seperti ini adalah saya bisa langsung lompat dari buku 1 ke buku 4 atau 7 tanpa harus membaca buku ini dengan berurutan dan tetap bisa mengerti jalan ceritanya.

Di buku ini diceritakan tentang kehidupan Kumiko di dua dunia. Satu sebagai guru sekolah dengan murid-murid berandalan (yang berhasil ditaklukkannya) dan satu lagi dunia yakuza yang walaupun ia tidak berniat untuk menjadi pewaris penerus klan Kuroda tapi kesetiaannya kepada keluarga tidak bisa diragukan lagi.

Tingkah polah para penduduk kelas 2-4 (yang kemudian naik menjadi kelas 3-4) sangat lucu untuk dibaca. Keberandalan mereka ini kemudian perlahan-lahan (dan dengan penuh hukuman) akhirnya berhasil ditaklukkan oleh Kumiko.

 
Walaupun besar di keluarga Yakuza, tapi Kumiko termasuk gadis yang lugu lho! Ada satu bab yang lucu dimana muncul seorang gadis yang mencari Pak Shinohara, pengacara keluarga yang sudah lama ditaksir Kumiko. Demi menolong sang nona, berkumpullah para nyonya-nyonya yakuza yang berniat memberi pelajaran kepada Kumiko tentang bagaimana menyingkirkan saingan cinta ini. Ada-ada saja saran yang mereka berikan. Mulai dari mengancam membunuh si saingan cinta sampai mengancam memotong alat vital suami mereka. Tapi, ada juga lho yang setia sama istri sampe nyonya2 yang lain jadi bete. Hehehe...


Tokoh yang paling saya suka disini siapa lagi kalau bukan Shin! Cowok ganteng yang pintar ini merupakan tempat Kumiko berkeluh kesah, walaupun Shin sering mengeluh kalo aneh rasanya ada guru yang curhat ama muridnya. Dan walaupun ayahnya adalah seorang komisaris polisi (yang otomatis membuat ia menjadi musuh keluarga) tapi Shin malah menemukan tujuan hidupnya. Yaitu menjadi pengacara... untuk keluarga Kuroda!







7 comments:

  1. Haha aku juga suka banget komik ini. Sebelumnya, aku nonton anime-nya dulu yang gambarnya lebih ancur dari komiknya. Trus udah nonton doramanya juga, tapi yang nomer 1 aja karena itu yang bener-bener ngikutin komiknya. Aku ngeliat muka tokoh-tokohnya aja udah ketawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... ngeliat wajah orang2nya aja udah bikin geli. apalagi para yakuza berwajah sangar yang bisa sampe bercucuran airmata kalau udah menyangkut nona mereka. hehehehe...

      Delete
  2. Mba, aku suka banget sama doramanya yg dibikin sampe 3 season. Cuma kalo komiknya cuma pernah baca sampe vol 4 aja sih.
    Btw, ternyata si Shin itu jadi penagcara yaaaa, uwaaaa *kagum*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum nonton dorama ataupun animenya...
      iya, Shin kan naksir Kumiko.
      yang lucunya nih, pas Shin ngomong suka ama Kumiko si Kumiko malah ga nyadar sampe beberapa saat kemudian. Kumiko kalo udah soal cinta2an emang telmi banget. hehehehe...

      Delete
    2. Aku suka cerita tambahannya juga yang setelah Shin kuliah. Uhuhuuu... Kocak Yankumi suka begaya aneh2 kalo salting. Doramanya bagus walau aku ga suka endingnya. Minimal si Uchi jadi ganteng, ga abstrak kaya komiknya. Ehehe... Aku suka Uchiiii

      Delete
  3. Samaaa.Aku baru namatin komikx sampai baca chapter spesialnya.Ngakak sumpah.Tp yg paling so sweet emang adegan si Shin ama Yankumi,pas kembang api si shin dicuci otak sama seniornya.Apalagi pas chap spesial pas si yankumi blg shin yg paling dia sukai di universe.Sumpah,ekspresi murid2x lucu banget.Ngakak baca komik ini.Pas selesai baca,gak rela kalau tamat.

    ReplyDelete
  4. Samaaa.Aku baru namatin komikx sampai baca chapter spesialnya.Ngakak sumpah.Tp yg paling so sweet emang adegan si Shin ama Yankumi,pas kembang api si shin dicuci otak sama seniornya.Apalagi pas chap spesial pas si yankumi blg shin yg paling dia sukai di universe.Sumpah,ekspresi murid2x lucu banget.Ngakak baca komik ini.Pas selesai baca,gak rela kalau tamat.

    ReplyDelete