Thursday, April 19, 2018

The Woman In The Woods by John Connolly





Judul                    : The Woman In The Woods
Seri                      : Charlie Parker #16
Pengarang           : John Connolly
Penerbit               :
Tahun                   : 2018
ISBN /ASIN        : B073B62LHZ
Halaman              :496
Rating                  : 4 of 5 stars


The new thrilling installment of John Connolly's popular Charlie Parker series.


Charlie Parker aids the police when a buried, semi-mummified body of a woman is discovered. She apparently died of childbirth. Parker has to find out who she was and what happened to the child.



Selama musim dingin ini hari-hari Charlie Parker cukup senggang. Tidak ada kasus besar yang ditanganinya. Dan ketika pengacaranya, Moxie Cantin, menghubungi Charlie mengenai penemuan jenazah seorang wanita di sebuah hutan, Charlie masih menganggap kasus ini sebagai kasus biasa saja.

Satu jenazah ditemukan di hutan setelah terjadi badai yang merobohkan pohon yang menyembunyikan makam jenazah tersebut. Jenazah tersebut adalah jenazah seorang wanita berumur duapuluhan yang, setelah dilakukan otopsi, meninggal setelah melahirkan. Yang menjadi pertanyaan semua orang sekarang ini adalah apakah bayi yang dilahirkan oleh wanita tersebut masih hidup atau sudah meninggal. Dan siapakah yang menguburkan wanita tersebut?

Charlie Parker kemudian berusaha menyusuri jejak kehidupan wanita yang ditemukan di hutan tersebut. Sedikit demi sedikit ia menemukan benang merah yang menghubungkan wanita tersebut dengan orang-orang yang aktif menolong para wanita yang mengalami kekerasan. Hanya sayangnya, orang-orang yang ditemukan Charlie tersebut ternyata sudah meninggal atau menghilang tiba-tiba.

Ada orang lain yang mengejar wanita tersebut. Yang menginginkan sesuatu yang dicuri wanita itu dari suaminya ketika ia kabur dari rumahnya. Charlie berpacu dengan waktu untuk menemukan identitas wanita tersebut dan identitas orang-orang yang membawa anak yang dilahirkan wanita tersebut.


The Woman in The Woods adalah buku keenam belas dari seri Charlie Parker yang ditulis oleh John Connolly. Seri ini adalah salah satu seri yang saya tunggu-tunggu terbitnya setiap tahun. Dan buku ini masih sama bagusnya dengan buku-buku lain dalam seri ini.

Kisah The Woman In The Woods ini masih ada kaitan dengan kisah para dewa-dewa yang hendak dibangkitkan di buku-buku terdahulu. Kali ini yang akan dibangkitkan adalah The Not God yang dipercaya akan bertempur dengan para The Old God dan pada akhirnya akan membangunkan The Buried God.

Bingung?

Untuk kasus para dewa ini memang seharusnya seri ini dibaca dari awal. Karena John Connolly memberikan petunjuk sedikit demi sedikit tentang para dewa ini dalam setiap bukunya. Malah seingat saya, keberadaan Charlie Parker sejak ia dilahirkan adalah untuk memerangi para dewa ini. (Saya lupa-lupa ingat karena sudah beberapa tahun sejak maraton membaca seri ini. Dan kemudian dilanjutkan dengan menunggu seri ini terbit sekali setahun).

Sementara untuk kasus jenazah wanita yang ditemukan di hutan bisa dinikmati tanpa perlu membaca buku-buku sebelumnya, karena berdiri sendiri. Dan kasus wanita ini membawa Charlie menuju jaringan bawah tanah yang berusaha membantu para wanita yang mengalami kekerasan ekstrem. Walaupun sebenarnya pemerintah sudah menyediakan tempat-tempat penampungan bagi para wanita ini, tetapi ada beberapa kasus dimana para wanita ini terancam bahaya sehingga tidak bisa melapor ke polisi karena takut meninggalkan jejak yang bisa menemukan keberadaan mereka. Disinilah para sukarelawan tersebut beraksi. Mereka menyediakan rumah mereka sebagai tempat persembunyian dan kemudian membawa para wanita tersebut menuju persembunyian lain sehingga akhirnya mereka bisa menghilang tanpa jejak.

Dan seperti itulah Karis Lamb, wanita yang ditemukan di hutan tersebut melarikan diri dari suaminya. Pada akhirnya Charlie menemukan bahwa Karis Lamb dikejar bukan karena ia melarikan diri dari suaminya, atau melarikan anak yang sedang dikandungnya, melainkan karena mencuri harta berharga yang sudah dicari-cari suaminya selama bertahun-tahun. Sebuah buku dongeng yang menyimpan sebuah benda berharga yang dapat mereset kembali dunia dan menghancurkan dunia yang ada sekarang ini.

Selain itu masih ada kasus yang dipicu oleh Louis yang sedang tidak stabil karena takut kehilangan Angel yang baru selesai dioperasi setelah diketahui ada tumor di perutnya. Pasangan Louis dan Angel ini terasa pincang jika hanya salah satu saja yang muncul. Saya harap di buku selanjutnya Angel sudah sehat kembali sehingga bisa ikut beraksi bersama Charlie dan Louis.

Dari segi horor, John Connolly masih tetap rajanya. Penggambaran tentang ilustrasi-ilustrasi di buku dongeng Grimms yang ditemukan cukup membuat saya nggak nyaman (apalagi membacanya saat jam 11an malam). Juga tentang bagaimana ada esensi si wanita hutan yang masih tertinggal di makamnya, yang ingin bersatu kembali dengan putranya.

Walaupun menyukai Samantha dan Jennifer, putri-putri Charlie yang masih hidup dan yang sudah meninggal, mereka berdua masih tetap terasa creepy bagi saya. Sam dan Jennifer merupakan salah satu unsur yang saya sukai di seri Charlie Parker ini. Dan saya cukup kecewa karena dibuku ini mereka tidak terlalu banyak keluar.

Yang membuat saya gregetan juga adalah kisah para dewa yang kasusnya berjalan sangaaaat lambat… Sudah enambelas buku di seri ini dan rasanya pengetahuan tentang para dewa ini masih begitu-begitu saja. Dan saya masih belum tahu siapa ayah Charlie Parker yang sesungguhnya, yang membuat Charlie harus menerima takdir untuk menyelamatkan dunia ini. (Apa jawabannya ada di buku 9-11 yang saya skip bacanya?)

Bagi penggemar novel mistery dan horor, seri ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca.

Nah, sekarang saya mesti bersabar menunggu setahun lagi untuk bisa bertemu kembali dengan Charlie Parker dan kawan-kawannya…

Selama menunggu, mungkin sudah waktunya saya maraton seri detektif Harry Bosch karya Michael Connelly, yang buku pertamanya Black Echo (baca: review Black Echo - Michael Connelly) sudah saya baca beberapa tahun yang lalu…

Buku pertama dari seri Charlie Parker ini berjudul Every Dead Thing  (Orang-Orang Mati) dan reviewnya bisa dibaca di sini

1 comment: