Friday, June 27, 2014

[Blog Tour & GA] Ask Author People Like Us : Yosephine Monica




Apa kabar semuaaaaa...?

Di Blog Tour People Like Us ini kita kembali ke blog saya dengan topik Ask Author. Udah pada baca belum buku ini? Rugi lho kalo belum, buku ini bener-bener bagus dan berbeda dengan buku-buku lokal lainnya.

Nah, sebelum masuk ke bagian pertanyaan kepada pengarang, saya akan berikan sedikit keterangan yang saya ambil mengenai pengarang di bagian belakang buku People Like Us.

Yosephine Monica Valentina Simanjuntak lahir di Medan, 10 April 1997. Gemar menulis sejak kecil, tapi hanya berani memublikasikan karyanya lewat internet. Hobinya yang lain adalah membaca buku young adult dan manga, mendengarkan musik, dan tidur. Bercita-cita memiliki toko buku suatu saat nanti.

Mari kita masuk ke bagian pertanyaan :)

A : Saya baru selesai membaca buku ini dan terkesan dengan tokoh Amy yang begitu dewasa. Jadi pas lihat keterangan tentang penulis, saya cukup terkejut. Beneran kamu masih 17 tahun? Hehehe...

Q : Iyaaa, saya serius baru tujuh belas tahun bulan April lalu. Paman saya yang baca buku ini juga kaget, katanya buku ini seperti ditulis oleh orang dewasa hehehe..


A : Sejak kapan kamu mulai menulis? Apakah selama ini kamu memang membayangkan dirimu menjadi penulis atau adakah cita-cita lain yang ingin dicapai?

Q : Saya mulai menulis sejak kelas 5 SD. Saya dulu sebenarnya ingin jadi komikus, tapi apa daya tak bisa menggambar, saya cari cara lain untuk menyalurkan ide cerita tanpa perlu menggambar—yaitu dengan menulis. Tapi saya juga nggak mau cuma jadi penulis, saya ingin jadi insinyur atau arsitek.


A: Saya baca di bagian kata pengantar kamu bilang suka membaca. Genre buku apa saja yang kamu sukai?

Q : Saya paling suka young adult, adventure, romance, drama, dan family.


A : Siapa penulis favoritmu dan siapa yang mempengaruhi gaya menulis kamu?

Q : Penulis favorit saya Jennifer E. Smith. Dulu saya mencoba mengikuti gaya menulis Jennifer E. Smith dan penulis luar negeri lainnya, tapi saya pikir semakin lama gaya tulisan saya jadi tidak terlalu mirip dengan mereka – meskipun gaya menulis saya seperti novel terjemahan. 
(Well, saya kurang setuju dengan istilah ‘seperti novel terjemahan’ karena itu tergantung bagus tidaknya terjemahan si penerjemah. Hehehe... tapi karya Yosephine ini memang memiliki aroma novel luar, dari segi isi, bahasa dan pemikiran, yang menurut saya merupakan kelebihan Yosephine dibandingkan dengan penulis-penulis lokal lainnya).


A : Ide buku People Like Us ini datang darimana? Apakah terinspirasi dari buku yang kamu baca atau peristiwa yang ada di sekeliling kamu? Misalnya ada keluarga atau orang dekat yang pernah terkena kanker?

Q : Idenya terinspirasi dari buku (The Fault in Our Stars) dan juga orang yang ada di sekitar saya. Saya punya seorang teman yang suka dengan seseorang yang juga mengidap kanker seperti Amy.


A : Disalah satu bab kamu menulis untuk membayangkan karakter seorang tokoh, baik fisik dan kepribadiannya, bisa dengan membayangkan idola, figur publik atau orang yang dikagumi. Nah, adakah sosok nyata yang kamu gunakan untuk menggambarkan Ben? :)

Q : Hehehe, yang bagian ini saya malu jawabnya, jadi ketahuan deh saya ngefans sama siapa. Saya menggambarkan Ben seperti aktor Nicholas Hoult. Mari kita bayangkan aktor tersebut lebih kurus, saya pikir begitulah sosok Ben yang ada di bayangan saya
(Ah, saya kirain kamu terinspirasi dari cowok yang kamu sukai. Hehehe...)


A : Oh ya, di buku ini kamu menggambarkan 2 keluarga (Ben dan Amy) dimana kakek-neneknya tinggal bersama mereka. Saya cukup mengerti kenapa nenek Ben tinggal bersama keluarga Ben, mungkin karena sudah kehilangan suami dan anaknya (Ayah Ben). Tapi kenapa di keluarga Amy kakek dan neneknya juga tinggal bersama keluarga Amy?
Lokasi cerita ini adalah Boston, Amerika Serikat, dimana sepanjang pengetahuan saya orang-orangnya menjunjung tinggi kebebasan dan kemandirian. Bahkan sangat sering saya membaca buku dimana kakek/nenek menolak tinggal dengan anak-anaknya karena mereka memiliki kehidupan sendiri di lingkungan dan teman-teman yang sudah lama mereka kenal.

Q : Keluarga Amy tinggal di Newton, kota kecil di dekat Boston, di perumahan yang dibangun sudah lama sekali. Di sini saya juga ingin menunjukkan kalau Amy berada di komunitas yang kecil tapi ramai. Di kota-kota besar di AS, tipe orangnya memang tidak terlalu mementingkan keluarga lagi, tapi di kota kecil setahu saya ikatan keluarga masih cukup erat kok. Saya sudah mention ini di novel. Semoga bisa membantu! :)


A : Bagaimana reaksi kamu saat tahu jadi pemenang lomba 100 Days of Romance yang diadakan penerbit Haru?

Q : Saya senang sekali. Saking senangnya saya sampai nangis di tengah-tengah jam pelajaran hehehe. Misi awal saya hanyalah menyelesaikan sebuah cerita, bukan memenangkan sebuah perlombaan. Ini adalah cerita pertama saya yang punya akhir, jadi saya pesimis bakalan menang. Saking pesimisnya saya nggak berani mengecek timeline penerbit sampai pengumuman. Dan ternyata saya menang, dan saya sangat bersyukur karena apa yang saya dapat sekarang adalah lebih dari cukup.


A : Berapa lama kamu menyelesaikan buku ini dan berapa banyak yang diedit dari naskah aslinya sebelum dicetak?

Q : Cerita ini sudah muncul di benak saya sejak awal tahun lalu, tapi mulai berani saya kembangkan saat melihat perlombaan yang diadakan Penerbit Haru. Saya melanjutkan cerita ini mulai akhir Juni hingga Juli. Itu berarti menulis buku ini memakan waktu sekitar setengah tahun.
Tidak terlalu banyak yang diedit dari naskah asli, kebanyakan hanya sekedar beberapa adegan dan bagian yang tidak terlalu memengaruhi jalan cerita.


A : Apa pengalaman paling berkesan saat bekerja sama dengan Haru untuk menerbitkan buku ini?

Q : Hadiahnya, mungkin? Hehehe, nggak dong. Yang paling berkesan adalah bimbingan dan kerja sama mereka yang sangat baik. Saya nggak tahu kalau perjalanan menerbitkan novel itu ternyata sangat panjang, jadi beruntung sekali Penerbit Haru selalu membimbing saya dan sangat pengertian dalam masalah deadline – karena saat itu saya sedang sibuk ujian kelulusan SMA.


Nah, demikianlah perkenalan kita dengan author Yosephine Monica. Semoga semakin banyak yang mengenal Yosephine dan karyanya. Dan saya berharap Yosephine cepat menelurkan lagi sebuah karya yang manis seperti People Like Us :)

Oh ya, semoga di terima di Universitas dan jurusan idaman ya Yosephine 


Dan saya ulangi lagi biar ga pada lupa, selain giveaway yang diadakan oleh masing-masing blog yang mengikuti blog tour People Like Us ini, masih ada KUIS FINALE yang diadakan oleh Penerbit Haru lho.

Caranya gampang aja, Setiap blog yang mengadakan Blog Tour People Like Us akan menyediakan satu huruf yang mesti kamu simpan baik-baik. Huruf-huruf ini nantinya akan membentuk kata yang mesti kamu susun. Pemenang untuk KUIS FINALE ini akan dipilih oleh Penerbit Haru.

Hadiah KUIS FINALE ini menarik lho, yaitu:
1. Paket buku Haru
2. Ipad cover People Like Us dari Emerald Green Label
3. Totte Bag dari Emerald Green Label
  
Salah satu huruf bisa dilihat di postingan saya yang ini.

Ayo disimpan huruf dibawah ini, sebelum saya hapus pada tanggal 5 Juli 2014 :)




Masih belum mengumpulkan huruf-huruf untuk KUIS FINALE? Silakan datangi blog-blog ini untuk melihat huruf-huruf yang lainnya :)
16 Juni 2014: Zelie Petronella @ Book-Admirer
17 Juni 2014: Stefanie Sugia @ Bookie-Looker
18 Juni 2014: Luckty @ Luckty si Pustakawin
19 Juni 2014: Non Inge @ Bacaan Inge
20 Juni 2014: Ira Elvira @ Ira Membaca
21 Juni 2014: Atria Dewi Sartika @ My Little Library
22 Juni 2014: Siti Robiah A'dawiyah @ Review Siro
23 Juni 2014: Ocemei @ Ocemei's Little World
24 Juni 2014: Ratri Anugrah Sari @ The Awesome Nerd
25 Juni 2014: Oky Septya @ Kumpulan Sinopsis Buku
26 Juni 2014: Ask Author - Stefanie Sugia @ Bookie-Looker
27 Juni 2014: Ask Author - Ira Elvira @ Ira Membaca
28 Juni 2014: Ask Author - Ratri Anugrah Sari @ The Awesome Nerd

Hari ini Giveaway People Like Us di blog saya resmi ditutup. Pengumuman pemenang akan saya beritahukan dalam 1-2 hari ini. Semoga beruntung yaaa :)

11 comments:

  1. Replies
    1. Iya, ga nyangka banget waktu pertama tahunya :)

      Delete
  2. Salut umur 17 tahun sudah pandai mengarang ^.^ Apalagi genrenya sicklit,tapi tidak cengeng. Malah bersifat inspiratif. Ditunggu ya karya-karya selanjutnya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga nunggu karya Yosephine selanjutnya :)

      Delete
  3. daebak ^^ padahal umurnya masih 17 tahun 2 tahun di bawahku tapi sudah memounyai karya novel yg inspiratif ;-) good luck dan aku akan menunggu novel" selanjutnya :D

    ReplyDelete
  4. nahhh akhirnya nemu tanggal lahir pas nya XD kayaknya saya tau orang yang ultah tgl 10 april jg :| ahh saya lupa XD saya sendiri 11 April 96. eiii kirain tahunnya sama =_= setuju ama mbak Ira, kirain inspirasi Ben bakal dibilang cowok yang disuka disekolah, kan bakal heboh tu, nanti malah Yosephine yang jadi Amy deh, terkenal disekolah krn suka Ben XD

    Nah ini baru searching Nicholas Hoult yang main warm bodies itu ya? saya suka bgt film itu haha High Recommended buat yg blm nntn ! XD genrenya : ngakak (?), romance, apa lagi ya? ya nntn aja bagi kalian yang bosen ama cerita Zombie yang uda terlalu mainstream :D (ini knp ngmgin film?) mungkin jg mbak Yosephine pernah nntn jadi disuru bayangin versi kurusannya XD

    Dan soal tujuan mbak Yosephine, emg itu yg susah bgt saya lakuin. namatin cerita yang uda saya buat. saya sendiri banyak bgt catetan2 notepad dan ms. word ttg cerita yg Beda-Beda =_= dan saya cukup kaget pas nemuin jumlahnya yg gak cuma satu dua. padahal kalo saya baca saya bakal nikmatin ceritanya, dan saya nyesel knp terlalu mengganggap bahwa diri sendiri selalu sibuk sampai cerita hayalan sendiri diabaikan :( ngayal memang enak, lebih enak kalo dituangkan untuk dicatat. karena memang gak selalu hayalan kita pas ama hayalan orang lain. setuju lg ama mbak Yosephine :D

    kira-kira ada nggak tips versi mbak Yosephine, gmna caranya biar nulis cerita tetep lanjut? kan mbak Yosephine jg bikinnya pas masa-masa SMA akhir yg mungkin tugasnya bejibun juga kan? :D

    Makasi ya mbak Ira, ask authornya saya ijin paste di word ya :D oya mbak Ira, pas ask author langsung ketemu ato nggak? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kalau mau di copy postingan yang ini :)
      saya ga ketemu langsung ama penulisnya, tapi kontak lewat email. kalau soal tips gimana kalau kamu mention langsung ke yosephine di @yspnmnc :)

      Delete
    2. wa kakak ! makasi uda ngasi tau akun twitternya yosephine ~ XD

      Delete
  5. 17 tahun? Dia akan menjadi panutanku. Anita sedang giat-giatnya untuk menulis. Hanya saja setiap tulisan yang Anita buat tidak ada titik akhirnya. Terputus di tengah jalan. Kkkk~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, semangat terus Anita. semoga bisa menghasilkan karya yang memuaskan :)

      Delete
  6. Hahahahaaa... Emang ya kebanyakan orang yang seperti ini jadi pemenang :) Kalo emang bakat ya nggak kemana.. sukses selalu.. sukses juga buat cita-citanya yaa :)

    ReplyDelete