Thursday, June 12, 2014

The Rook by Daniel O’Malley



Judul                   : The Rook
Seri                     : The Checquy Files #1
Penulis                 : Daniel O’Malley
Penerbit               : Little, Brown and Company
Tahun                   : 2012
ISBN                     : 9780316098793
Halaman              : 486
Rating                  : 5 of 5 stars


Sinopsis

"The body you are wearing used to be mine." So begins the letter Myfanwy Thomas is holding when she awakes in a London park surrounded by bodies all wearing latex gloves. With no recollection of who she is, Myfanwy must follow the instructions her former self left behind to discover her identity and track down the agents who want to destroy her.

She soon learns that she is a Rook, a high-ranking member of a secret organization called the Chequy that battles the many supernatural forces at work in Britain. She also discovers that she possesses a rare, potentially deadly supernatural ability of her own.

In her quest to uncover which member of the Chequy betrayed her and why, Myfanwy encounters a person with four bodies, an aristocratic woman who can enter her dreams, a secret training facility where children are transformed into deadly fighters, and a conspiracy more vast than she ever could have imagined.

Filled with characters both fascinating and fantastical, THE ROOK is a richly inventive, suspenseful, and often wry thriller that marks an ambitious debut from a promising young writer.


Review


Dear You,

The body you are wearing used to be mine. The scar on the inner left thigh is there because I fell out of a tree and impaled my leg at the age of nine... But you probably care little about this body’s past. After all, I’m writing this letter for you to read in the future...

Saat Myfanwy Thomas (baca : Miff-un-ee) membuka matanya, ia melihat tubuh-tubuh bergelimpangan disekitarnya. Semuanya memakai sarung tangan latex. Sepucuk surat ditemukan di saku bajunya. Surat dari Myfanwy lama untuk Myfanwy yang baru...

Bingung? Jangan...

Myfanwy yang baru sama dengan Myfanwy yang lama, hanya saja ia tidak memiliki ingatan baik nama dan masa lalunya. Berkat surat dari Myfanwy yang lama, yang telah mempersiapkan semua langkah-langkah untuk membantu Myfanwy baru, akhirnya Myfanwy baru sampai dengan selamat di rumah perlindungan yang disiapkan Myfanwy lama.

Oke, sebelum makin ribet dengan yang lama atau yang baru, sebaiknya kita singkat saja panggilan kedua manusia dalam satu tubuh ini.

Myfanwy baru : dipanggil Myfanwy

Myfanwy lama : dipanggil Thomas

Kenapa Thomas bisa menulis surat yang akhirnya ditemukan oleh Myfanwy?

Karena Thomas sudah tahu kalau ingatannya akan dihapuskan. Bukan sekedar amnesia atau kehilangan ingatan biasa, tetapi semua ingatan dan kepribadiannya dicuri dan dihisap habis sehingga yang tersisa dari dirinya adalah tubuh kosong.

Dan yang memerintahkan hal tersebut adalah salah satu petinggi yang bekerja di organisasi yang sama dengan Thomas, yang disebut Checquy.

Apa itu Checquy? Sebuah organisasi rahasia kerajaan Inggris yang bertugas menangani semua kejadian-kejadian supranatural.

Thomas memiliki jabatan sebagai Rook, 2 tingkat dibawah Lord & Lady yang memimpin Checquy. Tugasnya menangani semua kejadian-kejadian domestik. Ia bekerjasama dengan Gestalt yang memiliki empat tubuh tetapi hanya satu jiwa. Thomas menangani bagian administrasi sementara Gestalt menangani kejadian di lapangan.

Thomas sendiri memiliki kekuatan langka, yang pada awalnya sangat diharapkan oleh organisasi. Tetapi karena trauma saat dipisahkan dengan keluarganya, Thomas menjadi penakut dan tidak bisa mengeluarkan kekuatannya dengan maksimal. Kekuatan Thomas adalah bisa mengendalikan makhluk biologis hanya dengan sentuhan.

Ketika mendapatkan ramalan bahwa ia akan kehilangan ingatannya, Thomas langsung mempersiapkan dirinya. Ia menulis semua detail tentang kehidupan dan pekerjaannya sehingga Myfanwy bisa dengan mulus menggantikan dirinya tanpa dicurigai oleh orang lain. Dengan begitu Myfanwy dapat mencari tahu alasan kenapa ingatan Thomas dihilangkan.

Awalnya saya tahu tentang buku ini adalah dari review salah seorang teman di Goodreads. Langsung suka ama sinopsis dan cover bukunya yang eye catching banget dan kemudian nyari ebooknya. Tapi baru 2 tahun kemudian saya membacanya. Emang kalau terlalu lama dibiarkan ebook ini bakal tertimbun makin jauh kebawah.

Dari review diatas saya lebih banyak bercerita tentang Thomas, padahal tokoh utama dibuku ini adalah Myfanwy. Tapi memang kalau membicarakan yang satu tidak bisa lepas dari yang lainnya. Walaupun sudah menghilang tetapi Thomas tetap bisa ditemukan dalam surat-surat dan buku petunjuk yang ditinggalkannya untuk Myfanwy.

Dari surat-surat ini kita mengetahui bahwa Thomas adalah wanita yang pemalu, penggugup dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup rendah, kecuali mengenai pekerjaan. Ia adalah seorang adminitrator yang handal, walaupun sering juga di bully oleh teman-teman sekerjanya.

Sedangkan Myfanwy merupakan sosok yang sangat berbeda dengan Thomas. Sedikit kasar, pembangkang dan sangat berterus terang. lumayan bad ass menurut saya. Dan dengan sangat mudah ia menggunakan kekuatan yang ada didalam dirinya. Ternyata dengan hilangnya ingatan tentang Thomas hilang juga trauma yang pernah dirasakannya. Dengan bantuan petunjuk dari Thomas, Myfanwy sedikit demi sedikit membongkar rahasia yang menyelimuti hilangnya ingatannya. Yang ternyata berhubungan dengan musuh besar organisasi Checquy yang mereka sangka telah musnah ratusan tahun yang lalu.

Buku ini merupakan perpaduan antara Fantasy dan Paranormal, minus romance. Bener-bener ga ada romance di  buku ini, apalagi cinta segitiga seperti kebanyakan novel-novel fantasy yang saya baca. Dan tokoh utama kita ini bukanlah gadis remaja ababil yang selalu galau dengan perasaannya, tetapi merupakan perempuan dewasa berumur 31 tahun. Hal ini memberikan sesuatu yang menyegarkan karena kita tidak perlu menggantungkan keselamatan dunia kepada para remaja yang baru akil baliq tersebut. hehehehe...

Alur cerita juga lumayan cepat sehingga tidak membosankan. Apalagi pertukaran sudut pandang dari Myfanwy ke Thomas memperlihatkan kepada kita betapa berbedanya kedua kepribadian itu. Banyak hal-hal yang disesali oleh Thomas karena ketidakberaniannya untuk melakukan sesuatu. Dan harapannya agar Myfanwy memiliki hidup yang lebih baik dari hidup yang dijalaninya.

Ada juga unsur humor di buku ini yang membuat kita tertawa di saat-saat yang tidak terduga.
Secara keseluruhan saya sangat menikmati buku ini. Setelah selesai membacanya saya langsung menuju Goodreads untuk mencari tahu apakah ada kelanjutannya. Ternyata buku ke-2 baru akan release tahun 2015 nanti, padahal buku ini terbit tahun 2012 :(


3 comments:

  1. bagus banget ! XD
    apa ini yang bagus ? saya aja blm baca XD tp dr review mbak ira, saya jadi penasaran :3 apalagi dibilang no romance, dan ceritanya yang gak biasa itu lo, bener2 harus nyari! X3 saya jg mau e-book nya ~~ mbak ira kalo nyari e-book dimana? :3

    ReplyDelete
  2. Ini aku lihat reviewnya juga banyak yang positif, termasuk dari yang suka pedes reviewnya :))

    Pengen baca deh, menarik baca dari sinopsisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ren, bagus banget menurutku... aku rekomendasi buat dibaca deh :)
      setiap beberapa bulan aku pasti ngecek goodread buat nyari tau sequelnya udah terbit atau belum. takut ntar kelupaan :)

      Delete