Sunday, January 11, 2015

The Black Echo (Gema Hitam) by Michael Connelly





Judul                 : The Black Echo (Gema Hitam)
Pengarang          : Michael Connelly
Penerbit              : PT. GPU
ISBN                      : 9789792285932
Tahun                   : 2012
Halaman              : 600
Rating                   : 4 of 5 stars

Sinopsis:
Bagi detektif bagian pembunuhan LAPD, Harry Bosch, mayat dalam sebuah pipa di Mulholland Dam lebih dari sekadar mayat biasa. Kasus ini bersifat pribadi baginya.

Sang korban, Billy Meadows, adalah rekan sesama "tikus got" di Perang Vietnam. Mereka bertempur bersama dalam perang bawah tanah yang membawa mereka ke dalam mimpi buruk yang panjang. Kini, Bosch harus berhadapan kembali dengan masa lalunya. Dari labirin bawah tanah yang berbahaya, hingga pencurian bawah tanah yang penuh liku, insting Bosch kembali diuji hingga batas tertinggi.

Berpasangan dengan agen wanita FBI yang penuh teka-teki, dan menghadapi musuh dari dalam departemennya sendiri, Bosch harus membuat pilihan sulit antara keadilan dan balas dendam, ketika mengetahui identitas si pembunuh yang tak terduga.


Review:

Harry Bosch, detektif pembunuhan LAPD divisi Hollywood, mendapatkan sebuah kasus di hari minggu pagi itu. Seseorang menelepon 911 menyatakan ada mayat yang tersembunyi di sebuah pipa pemecah lumpur yang biasa digunakan oleh para gelandangan untuk tempat bernaung.

Itulah kesimpulan pertama yang diambil oleh Harry, bahwa mayat itu adalah seorang gelandangan, sampai ia melihat wajah mayat tersebut. Wajah yang pernah bekerjasama dengannya sewaktu di Vietnam, sama-sama bertugas sebagai “tikus got”. Para tikus got ini bertugas memasuki lubang-lubang yang digali oleh VC atau Vietkong untuk melancarkan perang fisik dan mental melawan tentara Amerika. Banyak cerita mengerikan yang terjadi di peperangan bawah tanah ini dan Billy Meadows, si mayat di pipa, adalah salah satu tikus got yang paling hebat.

Otopsi menunjukkan bahwa Meadows overdosis heroin dengan kualitas tinggi sementara dengan kehidupan yang pas-pasan tidak mungkin Meadows sanggup membeli heroin tersebut. Saat penyelidikan ke apartemen Meadows, Harry menemukan tanda terima penggadaian sebuah gelang emas dengan hiasan lumba-lumba dari giok. Gelang yang hilang dari sebuah kotak penyimpan bank yang dibobol sembilan bulan yang lalu.


Semakin Harry menyelidiki kasus ini, ia semakin menemukan bahwa kasus ini memiliki hubungan dengan Perang Vietnam yang telah ditinggalkannya dua puluh tahun yang lalu dan masih menghantui dalam mimpi buruk hingga hari ini.

Nama Michael Connelly sudah cukup lama saya dengar, bahkan pernah menonton salah satu film yang diangkat dari novelnya, The Lincoln Lawyer yang dibintang Matthew McConaughey (Yummmm….!). Malah sempat juga mendownload seri Lincoln Lawyer ini, tapi sesudah itu lupa karena tertimbunan dowloadan ebook lainnya.

Jadi sewaktu menemukan buku ini di tumpukan buku murah dengan harga hanya 20 ribu, langsung saya masukkan ke keranjang belanja. Itu sekitar lima bulan yang lalu. Sesudah dibeli lagi-lagi buku ini masuk ke dalam timbunan dan hanya keluar karena saya nyari buku bantal buat Read Big Reading Challenge.

Buku ini aslinya pertama kali di terbitkan tahun 1992, sehingga untuk teknologi buku ini jelas ketinggalan. Para detektif masih menggunakan pager dan harus mencari telepon umum untuk menghubungi orang-orang yang memanggil mereka lewat pager. Sedangkan  perang Vietnam sendiri, bagi generasi saya, masih cukup familier. Rambo merupakan film favorit papa saya, kalau saya sih lebih suka Rocky ;)

Oke, cukup melanturnya!

Menurut saya Gema Hitam merupakan sebuah novel detektif yang bagus. Saya cek di goodreads buku ini merupakan buku pertama dari seri Harry Bosch, tetapi sepertinya ia sudah pernah muncul di novel-novel lain. Karena ada beberapa kasus di masa lalu Harry yang sepertinya memiliki cerita sendiri seperti kasus The Dollmaker yang membuat Harry di skors dan dipindahkan dari divisi Perampokan-Pembunuhan di kantor pusat ke divisi pembunuhan di kantor Hollywood.

Pembukaan kasus dimulai dengan sederhana, kematian seorang gelandangan seperti kasus-kasus harian yang ditangani Harry. Kemudian intrik ditambahkan dengan ditemukannya tanda terima gadai dikamar Meadows dan semakin lama semakin berbelit sehingga berkaitan dengan kejadian pada hari kejatuhan Saigon yang menandakan berakhirnya Perang Vietnam. Dan itu berbeda jauh dari kasus perampokan bank biasa seperti yang semula saya pikirkan.

Secara pribadi dan professional Harry juga dipersulit oleh bos yang tidak mendukungnya, Internal Affair yang mencari-cari kesalahannya dan FBI yang pada awalnya berusaha mengeluarkan Harry dari kasus ini. Hanya Agen FBI Eleanor Wish yang ditugaskan untuk menangani kasus ini bersama Harry yang mendukungnya. Membuat Harry membuka diri dengan menceritakan pengalamannya selama menjadi tikus got di Vietnam, sesuatu yang sangat jarang dilakukannya.


“Mirip dengan saat kau berada di sebuah tempat di mana kau merasa mati dan dikuburkan di dalam kegelapan. Tetapi kau masih hidup. Napasmu sendiri terdengar bergema di dalam kegelapan, cukup keras sehingga memberitahukan posisimu. Atau setidaknya itu pikiran kita. Aku tidak tahu. Sulit untuk dijelaskan. Hanya… gema hitam.”


Ending buku ini juga memuaskan. Pilihan yang diberikan Harry kepada pelaku terasa cukup adil karena memang harus ada yang bertanggung jawab atas korban tak bersalah dalam operasi perampokan yang seharusnya sempurna ini.

Dari buku ini juga tergambar nasib para veteran perang yang ketika pulang kembali ke negaranya dihadapkan kepada kehidupan yang sulit karena trauma perang membuat kebanyakan dari mereka tidak bisa kembali hidup normal. Sebagaimana yang dinyatakan Harry para Veteran ini biasanya hanya memiliki dua pilihan, yaitu menjadi polisi atau menjadi penjahat.

Harry berhasil menjadi seorang polisi yang hebat, tetapi ia juga tidak ragu-ragu membunuh untuk mendapatkan keadilan seperti yang dilakukannya pada kasus dollmaker. Satu hal yang membuat ia menjadi ancaman bagi para atasannya yang berusaha melindungi citra kepolisian di mata publik sementara Harry siap menyeret siapapun yang bersalah tanpa pandang bulu.

Seri Harry Bosch lain yang telah diterbitkan adalah Taman Echo yang setelah saya cek di goodreads merupakan buku kesebelas dari seri ini. Membuat saya bertanya-tanya apakah buku ini tidak diterbitkan berurutan? Karena buku pertama ini saja terjemahannya baru diterbitkan di tahun 2012. Rasanya tidak mungkin dalam dua tahun sudah diterbitkan semua buku di seri ini. Yah, semoga saja saat saya bisa membaca Taman Echo tidak banyak kehidupan pribadi Harry yang tertinggal oleh saya.


Michael Connelly juga pernah saya temui saat menonton film seri Castle. Bersama-sama beberapa pengarang novel criminal lainnya Michael memberikan masukan-masukan akan kasus yang sedang ditangani oleh Castle. Satu hal yang saya ingat dari adegan film seri ini adalah ketika Castle menyelesaikan sebuah kasus yang terlihat mudah tetapi ia merasa ada yang salah, para penulis ini mempertanyakan satu hal kepada Castle “where is the twist?”

Twist yang diberikan Connelly di buku ini memang memikat sehingga membuat saya memberikan 4 bintang untuk buku ini :)
 

No comments:

Post a Comment