Sunday, October 11, 2020

[Book to Drama] You Are My Glory by Gu Man

 


Judul                      : You’re My Glory

Pengarang           : Gu Man

Tahun                   : 2019

ISBN                     : 9787510874451

Jenis                     : Webnovel



Ten years have passed, Qiao Jing Jing unexpectedly glitters like starlight but the Male God who rejected her before in senior high school seems to have faded into ordinariness…

Time flies, yet you still glitters in my heart, so can I also be your glory?

It was Qiao Jing Jing.

They hadn’t seen each other for ten years, since the university entrance examinations. Maybe it was incorrect to say that. In fact, he could see her everywhere, in various kinds of news media, all kinds of screen sizes, even subway advertisements, bus stops; her presence was everywhere.

Looking at that woman who was smiling at him not far away, Yu Tu couldn’t help but dazedly feel that —— he probably was having a remarkable and wondrous encounter.

Qiao Jing Jing was also looking at Yu Tu. She thought of a very popular saying. How did it go?

Oh, it seemed to be ——

You’ve retained the purity and innocence of youth.

She had been running about chasing fame and fortune in the world of mortals, but this person was still the same, his eyes bright and clear.

(Sinopsis diambil dari Shushengbar)

 

 

Qiao Jing Jing adalah seorang artis papan atas yang menjadi ambassador sebuah game online bernama King of Glory. Oleh manajemennya ia digambarkan cukup ahli dalam bermain game online ini. Hanya saja kemudian beredar sebuah video permainan hancur-hancuran yang menggunakan akun Qiao Jing Jing. Para haters dan penggemarnya heboh! Begitu juga dengan pengembang game yang hendak memperpanjang kontraknya dengan Jing Jing untuk kembali menjadi ambassador game mereka.

Jing Jing kemudian diminta membuktikan kelihaiannya bermain game pada saat acara penyerahan piala kemenangan pertandingan liga profesional King of Glory. Bersama 5 orang yang dipilih dari pemain umum dan dibantu oleh empat orang pemain pro, Jing Jing harus membentuk dua kelompok yang akan saling berhadapan satu sama lain di acara tersebut.

Jing Jing mati kutu, karena ia benar-benar tidak bisa memainkan game tersebut. Walaupun sebagai ambassador Jing Jing mengerti detail-detail game tersebut, tetapi saat memainkannya ia langsung luluh lantak dihajar lawan. Dalam satu bulan Jing Jing tidak hanya dituntut untuk bisa bermain, tetapi juga harus pandai memainkannya.

Ketika mencoba kembali memainkan King of Glory menggunakan akun palsu yang sudah lama dimilikinya, Jing Jing mendapati bahwa akun tersebut ternyata berteman dengan Yu Tu. Yu Tu adalah cowok pintar yang ditaksirnya semasa SMA. Sayangnya, peryataan cinta Jing Jing waktu itu ditolak oleh YU Tu, dan semasa kuliah Jing Jing mendengar bahwa Yu Tu pacaran dengan teman sekolah mereka yang juga merupakan salah seorang murid pintar.

Dari akun ini, Jing Jing mengetahui kalau Yu Tu juga memainkan King of Glory dengan sangat handal. Ia kemudian mengundang Yu Tu menjadi gurunya tanpa mengungkapkan identitas aslinya. Ketika mendatangi rumah Jing Jing barulah Yu Tu tahu kalau teman game-nya yang payah itu adalah gadis yang pernah menyatakan cinta kepadanya semasa SMA.

 

You’re My Glory adalah novel kelima Gu Man yang saya baca. Novel-novel sebelumnya adalah Boss and Me, LoveO2O, Silent Seperation (My Sunshine), dan Blazing Sunlight (klik judul novel untuk membaca reviewnya). Tiga novel pertama sudah diangkat ke drama dan termasuk drama yang sangat populer. Sementara Blazing Sunlight dulu kabarnya bakal ada volume kedua karena cinta segitiga tokoh-tokohnya masih belum selesai. Tetapi setelah sekian tahun, tidak ada kabar mengenai volume kedua ini. Malah novel You’re My Glory ini yang duluan keluar.

Yang saya sukai dari novel-novel Gu Man ini adalah ceritanya yang romantis, lucu dan cukup ringan walaupun pasti ada bagian-bagian yang bikin hati sesak. Untuk novel You’re My Glory ini ada sedikit perbedaan dari novel-novel lainnya. Kalau biasanya yang galau itu adalah pihak perempuan, di novel ini pihak laki-laki-lah yang sempat memiliki sindrom kurang percaya diri.

Sebagai siswa terpandai di sekolah yang kemudian diterima di universitas terbaik di negara mereka, Yu Tu memiliki masa depan cerah. Tetapi Yu Tu memiliki cita-cita dan mimpi sendiri. Ia sangat tertarik di bidang aerospace, tetapi orang tuanya tidak setuju ia mengambil jurusan ini karena dianggap tidak memiliki masa depan yang cerah. Orang tuanyanya meminta Yu Tu mengambil jurusan ekonomi agar bisa memiliki masa depan yang sukses. Yu Tu menuruti keinginan orang tuanya, tetapi diam-diam ia juga mengambil jurusan di bidang aerospace ini. Jadilah akhirnya Yu Tu kuliah ganda. Ia kemudian lulus dengan predikat mahasiswa terbaik dengan berbagai tawaran pekerjaan dari perusahaan dan bank-bank terbesar.

Hanya saja, langit tetap memanggil-manggil jiwa Yu Tu. Ia kemudian memutuskan mengambil gelar master di bidang aerospace. Kali ini orang tua Yu Tu merestui keinginan anak tunggal mereka. Akhirnya Yu Tu bekerja di pusat antariksa selama sepuluh tahun terakhir. Kemudian ia medapati dirinya berada di suatu keadaan dimana uang bisa menjadi jawabannya. Haruskah ia tetap menjalani pekerjaan impiannya dengan gaji kecil, atau memanfaatkan gelar ekonominya untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih besar?

 

“Since young, I’ve always prided myself on being smart, but I ended up achieving nothing at thirty years of age.”

 

Dimasa-masa perenungan Yu Tu inilah ia kembali bertemu dengan Qiao Jing Jing. Gadis yang memiliki kepandaian yang biasa-biasa saja tetapi merupakan orang yang paling berhasil di kalangan mereka.

Sepertinya biasanya tokoh-tokoh perempuan di novel Gu Man, ia menampilkan sosok perempuan yang kuat dan percaya diri. Walaupun Qiao Jing Jing tidak sepintar Yu Tu, ia pun juga bukan gadis bodoh. Bagaiamana ia masuk ke sekolah unggulan yang sama dengan Yu Tu kalau ia sendiri bodoh? Selain itu ia juga sangat percaya diri dengan penampilannya yang elok.

Saya suka cara Jing Jing perlahan-lahan membawa Yu Tu masuk ke dunianya. Melihat kerja keras Jing Jing Yu Tu menjadi sadar bahwa saat menolak gadis itu dulu ia terlalu arogan. Kerja keras tidak berhubungan dengan kepintaran seseorang, tetapi dari tekad dan keinginan untuk berhasil. Dan ketika Yu Tu merasa bahwa pekerjaannya yang menuntut kerahasian dan perjalanan dinas yang sering dan cukup lama bakal membuat Jing Jing kesepian, pria ini menyadari bahwa kesibukan Jing Jing malah lebih parah daripada dirinya.

Ada bagian dimana saya jadi sebel banget ama Yu Tu karena kembali menyakiti Qiao Jing Jing. Apalagi ketika Jing Jing sadar bahwa perasaan cintanya kepada Yu Tu sebenarnya tidak pernah hilang dan kemudian memutuskan untuk mengejar Yu Tu kembali. Untunglah, akhirnya Yu Tu sadar dan menyiapkan mental dengan anggapan orang kalau ia mau bersama dengan Jing Jing karena uang. Pasangan ini tidak begitu peduli, karena mereka berdualah yang paling mengerti dengan hubungan mereka. Malah hubungan keduanya semakin manis dan mesra, yang membuat fans mereka jadi klepek-klepek :)

 

When science and engineering man starts to get romantic, it’s really frightening

 

 

Drama

 


 

Belum lama ini saya mendengar kalau buku ini angkat diangkat ke layar TV dengan dibintangi Dilraba Dilmurat dan Yang Yang. Saya langsung menjerit-jerit histeris saking senangnya. Bagi yang belum familiar dengan kedua nama ini saya kasih info ya…


Dilraba memerangkan sosok Bai Feng Jiu di drama Ten Miles of Peach Blossom, The Flame Daughter dan yang terbaru Eternal Love of Dream yang merupakan sequel dari drama Ten Miles of Peach Blossom. Bagi yang belum pernah nonton TmoPB silakan baca review saya mengenai drama ini :)

Baca: drama Three Lives ThreeWorlds: Ten Miles of Peach Blossom

Sementara Yang Yang memerankan tokoh Xiao Nai di drama Love O2O yang juga merupakan drama yang diangkat dari novel pengarang yang sama dengan pengarang novel ini, yaitu Gu Man. Ia juga memerakan tokoh Ye Xiu di drama The King’s Avatar (semoga bisa ngereview novelnya juga).

Yang Yang mengkonfirmasi ia menjadi male lead drama You’re My Glory baru satu atau dua bulan ini. saya nggak tau apa udah mulai syuting drama ini atau belum, hanya berharap nggak terlalu lama menunggu drama ini tayang. Yaelah… syuting aja belum dimulai malah udah minta ditayangin. Hahaha…

Oh ya, yang bikin girang banget juga tahun ini saya denger kabar kalau The King’s Avatar bakal dibikin season 2-nya. Yeaahh… tahun depan bakal sering liat tampang cakepnya Yang Yang :)

Okelah, sampe sini dulu reviewnya. Mari sama-sama kita tunggu drama ini tayang ya :)

 

Note:

Saya membaca novel ini di web Fanatical. Web ini menerjemahkan hampir semua novel Gu Man dan Mo Bao Fei Bao (penulis novel dan drama Go Go Squid!), setelah mendapatkan ijin dari penulis, kalau saya nggak salah. Kebanyakan novel Gu Man juga sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh salah satu penerbit. Tetapi untuk novel ini sepertinya belum. Saya cek di wattpad sudah ada yang menerjemahkan ke Bahasa Indonesia, tetapi beberapa yang saya lihat terjemahannya kualitas google translate. Bingung bacanya cuiii… :(

 

 

 

No comments:

Post a Comment