Saturday, July 23, 2011

Iyem Cantik, Iyem Manis by Liestyo Suwito

Iyem Cantik, Iyem Manis

My rating : 4 of 5 stars


Ngaduk2 lemari buku sampe jauh kebelakang. ketemu lagi ama yang satu ini, covernyapun juga beda sama cover diatas yang udah cetak ulang.

sepertinya ini termasuk buku cikal bakal teenlit Indonesia sekarang deh. dan rasanya juga jauh lebih bagus. ceritanya lucu dan segar. dibaca lagi tetap aja ngakak sama kelakukan iyem a.k.a sofia yang norak banget dalam memainkan perannya sebagai pembantu.

Sofia yang baru aja lulus SMA dan mengikuti ujian Sipenmaru (kebayang ga sih udah berapa lama umur cerita ini, masih sipenmaru gitu loh! waktu jaman saya saja udah bertukar jadi UMPTN.Uppsss... ketahuan umur nih. hehehehehehe....) memutuskan ingin mencoba mandiri dan bekerja selama liburannya. dan ga tanggung2, pekerjaan yang ingin dicobanya adalah sebagai pembantu rumah tangga!!! cewek tomboy kesayangan papa ini ga berani memberitahukan orangtuanya mengenai niatnya ini. maka disusunlah rencana liburan ke Jakarta mengunjungi sepupunya Rajut dan dari sana baru Sofia mencoba mencari pekerjaan sebagai pembantu.

ga berapa lama Sofia mendapatkan pekerjaan impiannya tersebut. bekerja untuk keluarga Irwan yang punya anak gadis yang manja banget sempat bikin Sofia a.k.a Iyem suntuk. tapi yang paling gawat saat putra sulung, Ramadhan, pulang untuk berlibur dari kuliahnya. pertemuan awal yang sangat tidak mengenakkan (untuk pihak Ramadhan) dan mencurigakan (untuk pihak Iyem) bikin hubungan keduanya seperti kucing dan anjing. belum lagi iyem yang kadang suka ngebossy bikin Ramadhan jengkel. Mana ada pembantu yang macam gini, pikirnya.

tapi yah, yang namanya cinta dan benci itu satu sisi mata uang begitu juga dengan hubungan Ramadhan dan Iyem. Ramadhan gengsi juga jatuh sama pembantu, jadinya dia mati2an menepis perasaannya tersebut..

endingnya juga lumayan mengejutkan dan yang pasti happy end dong. hehehehehe...



1 comment:

  1. Jadi kangen baca buku ini hihihi..... Ingat adegan iyem lagi goyang dangdut di dapur hahaha....

    ReplyDelete