Monday, July 22, 2013

The Cukcoo's Calling by Robert Galbraith (aka J.K. Rowlings)




Rating : 4 of 5 stars

Supermodel Luna Landry terjun bebas dari balkon flatnya dan kematiannya menjadi sebuah misteri. Polisi menetapkan bahwa penyebab kematiannya adalah bunuh diri walaupun ada saksi yang menyatakan bahwa ia mendengar Lula bertengkar dengan seorang lelaki tepat sebelum tubuhnya melayang melewati balkon dan menghantam jalanan dibawahnya. Tapi kesaksian tersebut kemudian disangsikan karena saksi sedang berada dibawah pengaruh obat-obatan.

Tiga bulan setelah kematiannya John Bristow, kakak angkat Lula, mendatangi kantor detektif swasta Cormoran Strike. Ia bertekad untuk menyingkap misteri kematian adik yang disayanginya ini. Berbekal daftar fakta-fakta dan keanehan-keanehan yang melingkupi kematian Lula ia menyewa Cormoran untuk mengetahui kejadian sebenarnya dari kematian adiknya.

Dibantu oleh sekretaris sementaranya, Robin Ellacot, Cormoran Strike menyusuri kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi menjelang kematian Lula Landry.

Oke, ini pendapat saya.

Menurut saya kasus dibuku ini biasa-biasa saja #nunggu dilempar batu
Saya sudah pernah membaca buku dengan kasus-kasus seperti ini yang memberikan petunjuk-petunjuk lebih rumit ataupun juga dengan petunjuk-petunjuk sampah.

Nah, kalo emang biasa-biasa saja kok ngasih bintang 4?

Karenaaaa... buku ini ga berisi kasus saja. Dan saya ga akan mereview kasusnya.

Yang paling menarik dari buku ini adalah karakter-karakter yang terlibat didalamnya. Saya penasaran banget dengan Cormoran Strike yang digambarkan seperti beruang grizzly tapi punya daya tangkap yang tajam. Saya pengen tahu lebih lanjut mengenai hubungannya dengan Jonny Rokeby dan naik turun hubungannya dengan Charlotte yang sepertinya bitchy banget (sambil berdoa dalam hati Rowlings tidak menyatukan kembali kedua orang ini!)

Saya juga suka hubungan yang terjalin antara Cormoran dan Robin. Dari permulaan yang sedikit waswas dan menjaga jarak hingga menjadi sebuah hubungan kerja yang nyaman bagi mereka berdua. Selain itu, di buku ini kita juga dibawa kedunia orang-orang kelas atas yang begitu gemerlap, dengan pengkhianatan dan perselingkuhan menjadi menu sehari-hari.

Yang paling saya kagumi dari buku ini adalah bahwa buku ini merupakan novel kriminal pertama Rowlings! Kalau dilihat dari isi buku ini, tidak ada tanda-tanda bahwa ini buku kriminal pertama yang ditulisnya. Semua petunjuk, penyelidikan, wawancara dengan saksi, latar belakang tokoh  ditulis dengan pas, tidak berlebihan ataupun dangkal.

Seolah-olah The Cuckoo’s Calling adalah buku kriminal kesekian yang telah ditulisnya. Dan itu sangat menakjubkan bagi saya. Tidak ada terasa kecanggungan perpindahan genre dari novel anak ke novel kriminal. Sungguh saya tidak sabar menunggu kelanjutan seri ini...


Saya membaca buku ini setelah ramai diperbincangkan karena ternyata merupakan karya J.K Rowlings. Awalnya buku ini diterbitkan dengan nama Robert Galbraith dan kemudian muncul kabar bahwa Robert Galbraith ini merupakan alias dari J.K Rowlings.

Banyak yang pro dan kontra dengan penggunaan alias ini, apalagi dibagian belakang buku Robert Galbraith digambarkan sebagai seorang mantan militer. Saya baca beberapa komen tentang orang-orang yang merasa tersinggung dengan hal ini, Rowlings dianggap tidak menghormati orang-orang yang bekerja dibidang kemiliteran.

Kalau bagi saya sih ga ada pengaruhnya. Yang penting saya menikmati membaca buku ini, ditulis oleh Rowling ataupun tidak. Dan dengan tingginya ekspektasi penggemar Rowlings akan buku-buku yang ditulisnya, saya cukup mengeti mengapa ia menggunakan alias seperti ini. Dengan begitu orang-orang bisa membaca buku ini dengan pikiran terbuka tanpa membanding-bandingkannya dengan seri Harry Potter seperti yang terjadi pada The Casual Vacancy.

4 jempol untukmu J.K Rowlings. Saya tunggu genre-genre lain bukumu. Asal tidak lupa bikin lanjutan buku ini. Penasaran banget bagaimana Cormoran akan menanggapi tantangan Charlotte!

14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ya ? Penasaran deh, sekarang masih mahal >,< nunggu pas lagi sale aja baru beli, TCV aja blm sempat baca ...

      Delete
    2. aku TCV juga nunggu sale mba Maria :)

      Delete
  2. Ini kira2 bakal diterjemahin ga ya mbak? Punya ebooknya sih, tapi pengin baca yang translated version ajah. *mentalnya cetek* Huahaha. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga diterjemahkan. aku mau koleksi yang versi terjemahannya juga...

      Delete
  3. Memang susah ya, jadi penulis terkenal. Karyanya selalu dibanding-bandingin sama karya sebelumnya. Aku juga paham sih kenapa Rowling pake nama samaran.

    Penasaran juga sama buku ini. Udah ngantongin ebooknya, tapi pengennya sih baca terjemahannya aja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya sih Tika, kalo pake nama samaran bukunya susah melejit walaupun bagus. ini aja jadi tenar karena udah ketahuan Rowlings yang bikin kan :)

      Delete
  4. Penasaran jugaaaa..
    cepet2 diterjemahin dan dimurahin deh harganya #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di cepetin terbitnya mungkin aja sih, tapi kalo dimurahin? aku aja masih nyari casual vacancy yang harga miring nih. hahahaha

      Delete
    2. kalau berhasil nemu casual vacancy dengan harga miring, bagi2 info yaa :D

      Delete
  5. Ada yang versi terjemahan nya sekarang coba cek Di twitternya gramedia pustaka utama, katanya sih mau bagi2 terjemahan the cuckoo's calling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi bagi-baginya di jakarta :( saya di padang nih...
      nunggu ada yang mau menghibahkan aja deh. hehehehe...

      Delete