Thursday, July 11, 2013

[UnforgotTen] Catatan Musim by Tyas Effendi




Judul                     : Catatan Semusim
Pengarang           : Tyas Effendi
Penerbit               : GagasMedia
Tahun                   : 2012
Halaman              : 267
ISBN                      : 979-780-471-2
Rating                 : 2,5 of 5 stars


Gema dan Tia dipertemukan oleh hujan di sebuah shelter dekat Gereja Katedral Bogor. Dan lonceng gereja jugalah yang memisahkan mereka.

Pertemuan ini membawa kesan bagi keduanya. Apalagi kemudian mereka sering bertemu di shelter tersebut untuk menghindari hujan. Dan pertemuan-pertemuan tidak disengaja berikutnya membuat keduanya semakin dekat. Perasaan mereka berkembang walaupun tidak ada seorangpun yang saling menyatakan.

Tetapi nasib buruk menimpa Gema, membuat ia berpikir dirinya tidak pantas disandingkan dengan Tia. Sebuah jalan keluarpun datang dan ia mengambilnya, meninggalkan Tia menuju benua yang berbeda.

Masih penasaran, Tia berusaha menyusul Gema. Apakah kali ini mereka akan bisa bersama ataukah memang takdir yang menentukan bahwa mereka tidak bisa bersatu.

Bikin ringkasan novel ini sedikit membuat saya bingung. Kalau dinovel ini ringkasan cerita yang saya bikin pendek karena emang novelnya yang pendek banget, di Catatan Semusim ini saya malah ga tau mau menceritakan apa.

Pertama-tama saya mesti bilang I LOVE THE COVER! Saking sukanya saya pasang ukuran besar cover buku ini di postingan saya :)

Tema cerita yang diangkatpun bolehlah, apalagi menunggu di bawah shelter menunggu hujan reda bersama seorang cowok yang asyik mencoret-coret buku sketsanya lumayan romantis untuk dibayangkan. Dan walaupun Bogor tidak terlalu banyak dideskripsikan tetapi cukup memicu saya untuk mengenang kembali kota yang pernah saya singgahi 8 tahun yang lalu itu.

Tapi paling saya rasakan saat membaca buku ini adalah kurangnya chemistry diantara tokoh-tokoh kita. Dibilang kurangpun rasanya terlalu berlebihan. Tidak ada chemistry yang terasa diantara Gema dan Tia. Datar saja.

Dan karena cerita yang datar ini, apa kesan yang bisa saya tuliskan tentang buku ini?

Jelas tidak ada. Paling hanya tentang kota Lille, yang sama sekali tidak berasa Prancis (kecuali namanya).

Austin

Andrew

Mr. Stephan

Aaron

Miss Anne

Kalau saya menunjukkan kelompok nama diatas kepada orang-orang yang belum membaca buku ini dan bertanya dimana lokasi yang pantas untuk nama-nama diatas, saya hampir 100% yakin tidak akan ada yang mengatakan Prancis.

Untuk mendukung suasana Prancis dibuku ini mengapa tidak menggunakan nama-nama khas Prancis? Untuk Austin bisalah ditenggang dikit karena emang berasal dari Amerika. Tapi untuk nama-nama lainnya kenapa tidak menggunakan nama Pierre, Jacques, Anton atau Jean Luc misalnya? Alih-alih menggunakan Mr. Stephan dan Miss Anne kenapa tidak diganti menjadi Monsieur Stevan atau Mademoiselle Antoinette?

Dan begitu banyak penggunaan kalimat-kalimat berbahasa Inggris sehingga saya merasa seharusnya setting cerita dipindahkan kesalah satu kota di Amerika atau Inggris saja.

Apa untuk menunjukkan bahwa settingan ceritanya diluar negeri? Kalau begitu gunakan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Prancis dan kemudian terjemahkan bagi pembaca yang tidak bisa berbahasa Prancis seperti saya.

Saya berharap ada spark yang menghangatkan buku ini, bukan hanya mendapatkan gigilan dari musim penghujan Bogor dan musim dingin Lille.
 


Buku ini merupakan salah satu buku dari Kado Untuk Blogger yang dihadiahkan oleh GagasMedia dalam menyambut ultahnya yang ke-10 tahun.

Silakan lihat kado yang lainnya :

4 comments:

  1. Lucunya lagi orang Perancis mah ogah kan ya ngomong Inggris..

    Mantap reviewnya mbak! ;)

    ReplyDelete
  2. kejebak manisnya sinopsis. semoga tidak kecewa baca... makasih reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.. semoga suka bukunya, banyak juga yang suka lho...

      terimakasih sudah berkunjung ya :)

      Delete