Wednesday, April 9, 2014

Tiga Permintaan dan cerita-cerita lainnya by Enid Blyton





Judul                     : Tiga Permintaan dan cerita-cerita lain
Pengarang           : Enid Blyton
Penerbit               : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun                   : 1986
Halaman              : 189
Rating                  : 4 of 5 stars


Tiga Permintaan dan cerita-cerita lain merupakan sebuah buku yang berisi 9 cerita pendek anak-anak karya penulis anak terkenal Enid Blyton.

Beberapa ceritanya antara lain adalah tentang dua orang bersaudara Elsie dan Bobby yang selalu bertengkar. Pada suatu hari mereka menangkap seorang peri dan memaksanya mengabulkan tiga permintaan mereka. Dengan berat hati terpaksa si peri mengabulkan. Tapi dengan yakin ia menyatakan memberi tiga permintaaan untuk anak-anak seperti mereka sia-sia saja. Dan ternyata perkiraan si peri benar. Ketiga permintaan Elsie dan Bobby terbuang begitu saja karena mereka selalu bertengkar!
Ada juga mengenai Betty yang selalu mengundur-undur pekerjaan kecil karena menganggap pekerjaan itu adalah hal yang sepele dan tidak berpengaruh besar. Tetapi pada akhirnya ia mendapatkan pelajaran karena tidak menjahit kancing sepatunya berbagai peristiwa beruntun terjadi dan ia hampir membahayakan nyawa orang lain!

Lalu tentang Sally si ceroboh dan Tabby yang jujur. Nenek Suka Pergi meminta Sally membersihkan rumahnya saat ia pergi keluar kota. Nenek berjanji meninggalkan upah untuk Sally di rumahnya. Tapi setelah Sally membersihkan rumah nenek seenaknya (karena ia merasa rumah nenek sudah bersih) Sally tidak menemukan uang yang dijanjikan oleh Nenek. Ditengah jalan ia menceritakan halt ersebut kepada Tabby yang jujur. Tabby merasa kasihan kepada Nenek dan tidak ingin Nenek pulang ke rumah yang kotor dan berdebu. Maka ia kemudian membersihkan rumah Nenek dengan teliti. 

Dan tidak disangka-sangka,Tabby menemukan banyak uang bertebaran di rumah Nenek. Ada yang tersimpan di bawah keset yang dikibas-kibaskannya, atau di bawak kasur yang dibalik oleh Tabby. Ada juga dibawah jambangan yang diangkat Tabby untuk membersihkan bagian bawahnya. Dan Tabby meninggalkan semua uang itu diatas perapian karena tidak tahu bahwa sebenarnya itulah upah yang telah di janjikan Nenek kepada Sally. Tapi karena Sally terlalu malas membersihkan rumah Nenek akhirnya ia malah tidak menemukan uang-uang tersebut.

Setiap cerita yang disajikan dibuku ditulis dengan sederhana dan menarik sehingga memudahkan kita untuk mengajarkan hal-hal yang baik ataupun yang buruk kepada anak-anak kita. Mengajarkan mereka untuk jujur, rajin, mencintai kebersihan dan menghargai hal-hal yang terlihat remeh/sederhana.

Di zaman sekarang dimana dongeng/cerita yang disajikan kepada anak-anak kita lebih banyak berupa dongeng-dongeng putri dan penyihir kejam, membaca kembali cerita lepas dari Enid Blyton yang diterbitkan di negeri kita ini pada tahun 1986 terasa manis dan menyegarkan. Ditambah pula dengan ilustrasi-ilustrasi menarik yang mengingatkan kita kepada seri Lima Sekawan dan juga komik-komik Eropa zaman lampau yang membuat kita kembali bernostalgia. Mungkin satu-satunya komik Eropa yang dikenal oleh generasi sekarang hanyalah Smurf (dan itupun juga karena sudah difilmkan!)

No comments:

Post a Comment