Sunday, January 28, 2018

Love O2O by Gu Man





Judul                     : Love O2O
Pengarang            : Gu Man
Penerbit               : Penerbit Haru
Tahun                   : 2017
ISBN                    : 9786026383136
Halaman              : 434
Rating                  : 4 of 5 stars



Semuanya dimulai dari permintaan cerai dari suami virtual Bei Wei Wei di sebuah game online dunia persilatan. Bagi cewek ini, pernikahan di game online, adalah sebuah permainan tidak nyata. Jadi, meski permintaan cerai itu mengejutkan, Wei Wei tidak ambil pusing.

Sialnya para pemain lain mengira Wei Wei dimakan api cemburu saat melihat mantan suaminya menikahi Xiao Yu Yao Yao-cewek tercantik di game online. Pasalnya, tiba-tiba karakter Wei Wei di game tersebut ‘menyerang’ pesta pernikahan mantan suaminya.

Saat Wei Wei kebingungan, Yi Xiao Nai He, pemain berlevel tinggi yang dijuluki ’dewa’ , tiba-tiba meminta Wei Wei menikahinya.

Semuanya ini hanya permainan, tapi mengapa Wei Wei merasakan sesuatu yang berbeda?



Lu Wei Wei Wei adalah player peringkat ke enam di sebuah permainan online, dan juga satu-satunya cewek yang berada di peringkat sepuluh besar. Wei Wei baru saja putus dengan suami online-ya. Dan tak lama kemudian si suami menikah lagi dengan player lainnya yang terkenal sebagai player  paling cantik di game online tersebut. Wei Wei lumayan jadi bahan gosip di dunia game online karena datang ke acara pernikahan mantan suaminya tersebut.

Gosip semakin menghangat ketika player nomor satu di server mereka, Yi Xiao Nai He, melamar Wei Wei. Nai He beralasan lamarannya tersebut adalah untuk mengikuti pertandingan pasangan yang akan diselenggarakan. Wei Wei pun setuju. Kapan lagi ia bisa berpasangan dengan pemain handal seperti Nai He?

Pada kehidupan nyatanya nama asli Lu Wei Wei Wei adalah Bei Wei Wei, seorang gadis yang sedang kuliah di jurusan Ilmu Komputer. Ia cantik dan pintar dan juga seorang gamer handal. Sebagai kembang kampus ia termasuk populer (terutama di jurusan Ilmu Komputer yang irit cewek). Wei Wei bersama ketiga teman sekamarnya, Xiao Ling, Si Si dan Er Xi, termasuk ke dalam klub pemuja Xiao Nai.

Xiao Nai adalah senior mereka di jurusan yang sama, yang terkenal akan bakat-bakatnya yang sangat banyak. Ia atlet basket dan renang, jenius di bidang komputer, pintar memainkan alat musik tradisional dan juga sangat tampan. Walaupun bersikap dingin terhadap cewek, Xiao Nai tidak hanya terkenal di kalangan cewek tetapi juga di kalangan cowok. Ia juga memiliki tiga teman sekamar yang konyol dan sudah dianggapnya sebagai saudara sendiri.

Pertemuan darat antara Wei Wei dan suaminya online-nya, Nai He, membawa kejutan tersendiri. Karena ternyata suami online-nya tersebut adalah Xiao Nai. Wei Wei girang luar biasa. Siapa kira nasibnya begitu beruntung karena Xiao Nai tidak hanya memanggil Wei Wei istri di dunia maya, tetapi juga di dunia nyata.

Semenjak itu dimulailah perjalanan hubungan Wei Wei dan Xiao Nai yang pada tampilan luarnya terlihat begitu tenang padahal sebenarnya memiliki lidah yang begitu tajam.




Love O2O merupakan karya kedua Gu Man yang saya baca, setelah Boss & Me (Baca: review Boss & Me).

Buku ini memiliki sudut pandang orang ketiga, tetapi tetap saja lebih banyak memperlihatkan kisah dari sisi Wei Wei. Sesekali baru memperlihatkan sisi Nai He.

Sebenarnya saya terlebih dahulu menonton drama serinya sebelum membaca buku ini. Saya sangat suka dramanya dan alasan utama saya membaca buku ini sebenarnya bukan karena Wei Wei dan Xiao Nai. Tetapi saya ingin tahu mengenai kisah Mei Ren dan KO, yang di drama spertinya diisyaratkan seolah olah kedua cowok ini memiliki hubungan mesra. Saya jadi penasaran, apakah di buku juga digambarkan seperti itu.

Dan di buku  juga tidak ada kisah tentang Er Xi dan cao Guang. Dan ini juga membuat saya senang karena kisah Er Xi dan Cao Guang merupakan bagian yang saya skip sewaktu menonton dramanya. Tidak menarik sama sekali. Tetapi mungkin di drama kisah ini sengaja dikembangkan sehingga bisa menjadi konflik cerita karena hampir memutuskan persahabatan Wei Wei dan Er Xi.

Karena dalam buku ini sendiri hampir tidak ada konflik antara Wei Wei dan Xiao Nai. Perjalanan cinta mereka begitu mulus, kuat dari awal hingga akhir tanpa ada keraguan yang bisa menguji rasa cinta Wei Wei dan Xiao Nai seperti pada novel-novel romance lainnya.

Setelah dipikir-dipikir, Boss& Me juga seperti itu. Juga tidak ada konflik yang berarti di antara Feng Teng dan Shan Shan. Hanya saja percintaan mereka lebih gonjang ganjing karena Shan Shan yang agak lamban dalam memahami perasannya.

Tema kedua buku ini (Love O2O dan Boss & Me) sebenarnya hampir sama, dengan karakter-karakter yang hampir sama juga. Persaman tokoh utama pria adalah sikap mereka yang posesif dan protektif terhadap pasangan mereka. Juga merupakan pihak yang lebih dominan dalam hubungan percintaan mereka. Perbedaannya adalah di Boss & Me, Feng Teng suka menjahili Shan Shan dan melihat kekasihnya itu kelabakan sendiri. Sementara Xiao Nai selalu menjaga hubungannya dengan Wei Wei selalu mesra dan manis.

Sementara kedua tokoh utama, Shan Shan dan Wei Wei, walaupun memiliki perbedaan IQ yang cukup mencolok tetapi mereka berdua sama-sama pasrah dalam hubungan dengan pacar masing-masing.

Walaupun tidak ada konflik berarti di buku ini, tetap saja buku ini sangat layak dibaca. Unsur komedi yang cukup kental membuat kita tak henti tersenyum membayangkan tingkah polah para tokoh di buku ini.

Dramanya sendiri juga sangat saya rekomendasikan. Selain para artis dan aktor yang cantik dan tampan, efek CGI di drama ini juga sangat bagus. Dunia online-nya dibuat dengan teknik yang halus dan mengalir, tidak ada kesan special effect yang kasar ataupun patah-patah.

Buku ini memadukan dunia online yang bersifat historical fantasy dengan dunia nyata yang modern  sehingga kita seperti mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia tersebut. Apalagi untuk saya yang sebenarnya lebih cenderung ke historical dibandingkan kisah modern.

Satu lagi karya Gu Man yang saya rekomendasikan untuk dibaca dan ditonton :)






2 comments:

  1. waaaah apakah ini juga beli di amazon? saya baru selesai menonton ini kemarin malam.. kudet sekali saya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk buku yang satu ini sudah tersedia terjemahan Bahasa Indonesia-nya dan diterbitkan oleh Penerbit Haru. Rasanya masih tersedia di toko-toko buku :)

      dan dramanya juga bagus banget... :)

      Sudah nonton drama Boss & Me? masih karya Gu Man juga. Bukunya sudah diterjemahkan juga ke Bahasa Indonesia...

      Delete