Friday, November 15, 2013

Lucky No. 14 Reading Challenge 2014

Lucky No. 14 RC



Reading Challenge lagiiii...

Rasanya saya ga pernah bosan-bosan buat ngikutin reading challenge. Tahun ini saja saya mengikuti 4 reading challenge.  Yang berjalan lancar hanya 2 saja. Yang 2 lagi sedikit keteteran walaupun sekarang lagi dikebut buat menuhin target.

Dan belum selesai RC 2013 ini, yang 2014 sudah mulai bermunculan. Salah satunya adalah RC Lucky No. 14 yang diadakan oleh Astrid di blognya Books to Share (jadi inget film Lucky No. Slevin-nya Josh Harnett).

RC yang satu ini cukup unik karena berusaha menjangkau semua sisi yang biasanya kita perhatikan dari sebuah buku. Mulai dari buku yang dibeli karena cover, ngeliatin wishlist orang lain, timbunan, dll. Dan sesuai namanya ada 14 kategori yang harus dipenuhi untuk mengikuti RC ini. Berikut kategorinya :

1.      Visit The Country: Read a book that has setting in a country that you really want to visit in real life. Make sure the setting has a big role in the book and it can make you know a little bit more about your dream destination.

{Ada banyak negara yang pengen saya kunjungi di dunia ini, terutama negara-negara di Eropa. Yang paling pengen itu ke daerah Andalusia, Yunani dan Turki. Ke Turki pengen ngeliat istana Topkapi karena dulu pernah baca cerpen di Anita tentang cewek yang terdampar ke masa lalu dan nyampe di harem sultan. Daftar bukunya aku belum nyari, tapi kalo boleh reread aku pengen baca The Historian-nya Elizabeth Kostova (atau ini aku masukin buku bantal aja ya?)}


2.      Cover Lust: Pick a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover. Is the content as good as the cover?
{Waahhh... aku punya banyak buku beginian nih. Salah satunya Snow Flower and The SecretFan. Beli buku ini karena lagi diskon dan kovernya cantik banget (simpen buku ini sampe tahun depan)}

3.     Blame it on Bloggers: Read a book because you’ve read the sparkling reviews from other bloggers. Don’t forget to mention the blogger’s names too!
{Yang ini juga banyak #ngeliriktimbunan. Tapi belum bisa aku tulis judulnya disini karena 2014 masih 1,5 bulan lagi. Siapa tahu dalam jangka waktu segitu ternyata buku yang aku daftar keburu aku baca}

4.     Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content? Now it’s time to open the book and find out whether it’s really worth your cents.
{Nah, ada satu buku nih, The Man Who Forgot How to Read. Aku beli pas lagi diskon, hanya 10rb rupiah aja. Yang hebatnya, ini buku nonfiksi yang bisa dibilang jarang banget aku beli. Tapi aku pernah liat buku ini di wishlist-nya Rahib waktu jadi santa beliau tahun kemaren. Liat kover belakang sepertinya menarik, tapi sampe sekarang belum dibaca}

5.      (Not So) Fresh From the Oven: Do you remember you bought/got a new released book last year but never had a chance to read it? Dig it from your pile and bring back the 2013.
{Hmm... apa yah? Daftar boleh nyusul kan?}

6.      First Letter’s Rule: Read a book which title begins with the same letter as your name (for me, Astrid means A, and I can read anything that started with the letter A). Remember: Articles like “a”, “an” or “the” doesn’t count :)  
{Inisial awal namaku adalah huruf i, jadi pas ngecek wishlist ada dua buku yang pas banget untuk kategori yang ini yaitu Inheritance dan Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran. Semoga Santa-ku mau beliin buku yang ini #ngarep}

7.      Once Upon a Time: Choose a book that’s been published for the first time before you were born (not necessarily has to be a classic book, just something a little bit older than you is okay. You can read the most recent edition if you want to)
{Aku pengen baca buku-bukunya Frances Hodgson Burnett karena suka banget ama Little Lord Fauntleroy dan semalam baru aja  menyelesaikan The Secret Garden (dapet diskonan lagi :)}

8.      Chunky Brick: Take a deep breath, and read a book that has more than 500 pages. Yep, the one that you’ve always been afraid of!
{Ada satu buku Trudi Canavan yang aku beli awal tahun 2013, judulnya The Magician’s Apprentice. Buku ini prequel dari seri trilogi The Black Magician yang udah aku giveaway-kan tahun kemaren. Halamannya lumayan sih, 960 halaman #Semangat!}

9.      Favorite Author: You like their books, but there are too many titles. This is your chance, choose a book that’s been written by your fave author but you haven’t got time to read it before.
{Buku-bukunya R.L. Mathewson. Aku suka banget seri Neigbor from Hell-nya dan masih ada beberapa seri lagi yang belum aku baca. Semoga tahun 2014 bisa selesai baca semua bukunya :)}

10.   It’s Been There Forever: Pick up a book that has been there on your shelf for more than a year, clean up the dust and start to read it now :)
{Perfect Match-nya Jodi Picoult. Aku beli tahun kemaren tapi belum baca karena kalo mau baca buku-bukunya Jodi Picoult mesti siap mental dan tisue dulu}

11.   Movies vs Books: You’ve seen the movie adaptation (or planned to see it soon) but never had time to read the book. It’s time to read it now, so you can compare the book vs the movie.
{City of Bones-nya Cassandra Clare. Aku nonton filmnya beberapa bulan yang lalu. Biasa aja sih filmnya tapi rating bukunya cukup tinggi. Jadi pengen baca baca buat ngebandinginnya.
Ada juga sih The Invention of Hugo Cabret, tapi rencananya mau aku masukin baca bareng BBI bulan ini}

12.   Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now :D
{Hmmm... biasanya buku-buku giveaway atau hadiah atau pemberian dari orang lain langsung aku baca sih. Jadi buat daftarnya tunggu tahun depan aja yah, siapa tahu dapet gratisan lagi. hehehehe...}

13.   Not My Cup of Tea: Reach out to a genre that you’ve never tried (or probably just disliked) before. Whether it’s a romance, horror or non fiction, maybe you will find a hidden gem!
{Aku biasanya baca semua genre sih, kecuali horor yang ada hantu-hantunya. Ada juga klasik yang jarang aku baca walaupun ada satu atau dua orang yang jadi pengarang favoritku. Untuk kategori yang ini aku pengen coba karya-karya Shakespeare, semoga ga ketiduran duluan...}

14.   Walking Down The Memory Lane: Ever had a book that you loved so much as a kid? Or a book that you wish you could read when you were just a child? Grab it now and prepare for a wonderful journey to the past :)Comic books or graphic novels are allowed!
{Kalo kategori ini banyaaak banget yang pengen aku baca ulang. Salah satunya adalah komik-komik Nina. Tapi yang paling berkesan sama aku itu adalah Kumpulan DongengSedunia, hadiah naik kelas 4 dari papa dan mama. Masih ada sampe sekarang walaupun kondisinya sudah sekarat karena aku pinjemin ke orang-orang yang sama sekali ga menghargai buku!} 

Nah, itulah beberapa buku yang rencannya akan aku baca di tahun 2014. Terimakasih buat Astrid  yang udah mengadakan RC ini, semoga bisa menyelesaikannya sekalian mengurangi timbunan :)

2 comments:

  1. Thank you Ira, udah ikutan RC ini :) Gudlak yaaa...menarik pilihan buku2nya..terutama yang Kumpulang Dongeng Sedunia :D

    ReplyDelete
  2. bagus2 koleksinya....

    Saya juga ada buku bantal, n koleksi lainnya...
    Bisa berkunjung monggo

    www.uniksshop.com - jual barang unik, buku bantal, buku islami

    ReplyDelete