Wednesday, January 7, 2015

Re-Read, Read Big & New Author Reading Challenge 2015


Setiap awal tahun selalu ada kesibukan yang membayangi para blogger buku seperti saya. Apakah itu? Tak lain dan tak bukan: Mendaftarkan diri di Reading Challenge sebanyak mungkin!

Tahun lalu saya mengikuti sekitar 7 Reading Challenge. Setiap ada yang memposting RC bakal saya pantau dan bila sesuai dengan target bacaan saya pasti saya mendaftarkan diri. Bisa dibilang side bar blog saya dipenuhi oleh button-button RC yang saya ikuti (dan button-nya cantik semua!). Dan pada akhirnya saya hanya bisa menyelesaikan satu Reading Challenge saja.

Tahun 2014 juga merupakan tahun kegagalan saya sebagai seorang blogger buku. Ada sekitar 4 bulan saya kehilangan selera membaca yang kemudian membuat saya malas mereview. Praktis hanya ada sekitar 20 postingan di blog buku saya, dan tidak semuanya merupakan review buku. Benar-benar sesuatu yang sangat menyedihkan bagi saya :(

Oleh karena itu, untuk tahun ini saya membatasi hanya mengikuti 2 reading challenge saja (3 ama yang di Goodreads). Tidak banyak memang, tapi mengingat tahun kemaren hanya selesai 1 RC saja saya pikir 2 RC untuk tahun 2015 ini bisa saya selesaikan.

Selain itu, tahun kemaren saya berniat untuk membaca ulang buku-buku favorit saya yang sudah bertahun-tahun nangkring di rak buku. Tak tersentuh. Sayang kan punya banyak buku tapi cuma sekali dibaca. Saya ga bakal jadiin ini sebagai RC pribadi, tapi akan menjadi prioritas bacaan saya selama 2015.

Kalau mau diurai, inilah target bacaan saya selama tahun 2015 ini :


1.Re-read

http://browsingbookshelvesdotcom1.files.wordpress.com/2014/02/gailcarlsonlevine-quote2.jpg


Tahun lalu niat awal saya hanya mau membaca ulang semua koleksi harlequin saya yang terbit dibawah tahun 2000. Yang terpikir sih buku tipis gini paling bentar bacanya. Tapi ternyata gagal juga. Hahahaha…

Ketika ngeliat rak-rak buku saya nyadar ada banyak buku lama yang pengen saya baca ulang lagi seperti novel-novelnya Sidney Sheldon, Michael Chrichton, John Grisham,dll. Malah dua tahun lalu saya beli Gone With The Wind dan Scarlet edisi hard copy masing-masing cuma 50rb. Tapi bukannya dibaca, malah tersimpan rapi di lemari. Terakhir kali saya membaca utuh buku ini mungkin sekitar 15 tahun yang lalu!

Dan karena ada beberapa buku ini yang merupakan buku bantal jadi cocok juga dipadukan dengan Read Big Reading Challenge :)


2.Read Big Reading Challenge.



RC satu ini dihost oleh Alvina dimana tantangannya adalah membaca buku bantal alias buku dengan minimal ketebalan 500 halaman.

Bagi saya buku tipis atau buku tebal tidak ada bedanya, selama cerita yang disajikan mampu membuat saya terpesona.

Untuk RC ini ada pilihan level/kelas yang boleh diambil, mulai dari kelas bulu (1-4 buku), kelas menengah (5-8 buku) dan kelas berat (>8 buku). Kepercayaan diri yang berlebihan membuat saya tadinya mau mengambil kelas berat tapi akhirnya kesadaran mengambil alih dan saya putuskan mengambil kelas menengah. Apa yang menyadarkan saya? Syarat wajib reviewnya! Hehehehehe…

Trus ada challenge tambahan yaitu membaca minimal  1 buku dengan jumlah halaman >1000 halaman. Tantangan yang lumayan berat menurut saya. Dan kalau niat saya membaca Gone With The Wind terlaksana, bakal bisa memenuhi challenge tambahan ini (semoga!).

Untuk RC ini saya sudah menyelesaikan 1 buku yang saya baca diawal tahun ini ini yaitu Kitab Takdir. Reviewnya bisa dibaca disini.


3.New Author Reading Challenge



New Author Reading Challenge atau NARC yang diadakan oleh Ren merupakan satu-satunya RC yang berhasil saya jalani tahun lalu, selain yang di goodreads. Itupun berhasil saya jalani karena memang bacaan saya kebanyakan adalah dari pengarang baru. Keistimewaan bergabung dengan goodreads adalah menemukan banyak buku baru dari pengarang-pengarang yang tidak pernah saya kenal sebelumnya.

Tapi karena prioritas saya tahun ini adalah membaca ulang koleksi buku saya, untuk tahun ini target NARC akan saya turunkan dari biasanya saya mengambil level Maniac (>50 buku) menjadi level Middle (15-30 buku). Untung saja NARC tidak mensyaratkan harus mereview buku yang dibaca. Tapi setidaknya saya akan mengusahakan review singkat di goodreads.

Sedangkan untuk challenge tambahan, saya pikir saya akan ambil What’s in a Name dan e-Book lover. Alasannya? Karena bacaan saya sebagian besar ebook dan What’s In A Name merupakan RC favorit saya yang dulu juga di host oleh Ren.

Nah, itulah tantangan yang saya pilih untuk tahun 2015 ini. Semoga target ini bisa saya penuhi walaupun saya berjanji pada diri sendiri tidak akan maksa-maksain agar target terpenuhi. Tahun ini akan menjadi tahun santai bagi saya, membaca hanya saat diinginkan, bukan untuk memenuhi target :)


4 comments:

  1. Semangat Iraaa :D. Tahun ini pasti sakses deh RC2nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Ren :)
      Itu challenge tambahannya emang menantang ya :)

      Delete
  2. wew udah kelar satu aja si Ira. *aku aja belum kelar kelaarr. *kunyah juliet

    ReplyDelete
  3. di awal2 semangat Vin, abis itu.... :(

    ReplyDelete