Wednesday, January 20, 2016

Anything For You by Kristan Higgins



Judul         : Anything For You
Pengarang : Kristan Higgins
Penerbit    : HQN BooksI
Tahun        : 2015
ISBN        : 9780373789085
Halaman   : 410
Rating       : 4 of 5 stars


Before you get down on bended knee…

…you should be pretty darn sure the answer will be yes. For ten years, Connor O'Rourke has been waiting for Jessica Dunn to take their on-again, off-again relationship public, and he thinks the time has come. His restaurant is thriving, she's got her dream job at Blue Heron Vineyard—it's the perfect time to get married.

When he pops the question, however, her answer is a fond but firm no. If it ain't broke, why fix it? Jess has her hands full with her younger brother, who's now living with her full-time, and a great career after years of waitressing. What she and Connor have is perfect: friends with an excellent benefits package. Besides, with her difficult past (and reputation), she's positive married life isn't for her.

But this time, Connor says it's all or nothing. If she doesn't want to marry him, he'll find someone who does. Easier said than done, given that he's never loved anyone but her. And maybe Jessica isn't quite as sure as she thinks…




Tidak ada perempuan lain yang dicintai Connor O'Roarke selain Jessica Dunn. Sejak berumur 12 tahun hingga sekarang ia berumur tiga puluhan. Hubungan mereka juga tidak pernah mulus. Selama sepuluh tahun sejak pertama kali mulai berhubungan mereka sudah putus sambung hingga empat kali.

Dan ketika Connor akhirnya melamar Jess kemudian ditolak, Connor memutuskan itulah terakhir kalinya Jess mengakhiri hubungan mereka. Connor akan mencari perempuan lain yang tidak memiliki beban seperti Jess dan yang menjadikan Connor sebagai salah satu prioritas dalam hidupnya.

“I can’t keep doing this. You’ve been leaving me for the better part of a decade, Jessica. You leave me. It’s what you do. And here we are again, right? In a month or two, or three or five, you’ll break up with me. Something will come up. Something big. I’m not saying you’ve ever done anything shallow. And I’ll be right back here again. And I want...more.”


Jessica Dunn atau semasa high school dikenal juga sebagai Jessica Does (karena berkencan dengan banyak cowok) hanya memiliki satu hal penting dalam hidupnya.

Davey, adik laki-lakinya.

Davey terlahir sebagai induces alcohol baby karena ibu mereka terus mengosumsi alkohol selama kehamilan Davey, sehingga Davey memiliki keterbatasan secara mental. Seumur hidupnya ia akan selalu berpikir seperti anak kecil, membutuhkan bantuan dan perlindungan. Dengan orang tua yang terkenal pemabuk hanya Jess satu-satunya yang memperhatikan Davey. Ia menjadi ayah sekaligus ibu bagi adiknya. Mengambil dua pekerjaan sekaligus agar bisa menghidupi mereka berdua dan membayar pengobatan adiknya.

Jadi ketika mulai berpacaran dengan Connor sepuluh tahun yang lalu, Jess mengajukan persyaratan. Davey akan selalu menjadi prioritas utama Jess. Tetapi masa lalu yang mengikat Connor, Jess dan Davey membuat Jess berulangkali mundur dari hubungannya dengan Connor.

Davey membenci Connor. Teramat sangat, karena dalam pikiranya Connor adalah seorang pembunuh. Dan hal itu membuat Davey terserang panik setiap kali melihat Connor. Dan setiap kali itu terjadi Connor harus bersiap-siap menerima kata putus  dari Jessica.


Anything For You merupakan novel terbaru dari Kristan Higgins, terbit pertengahan desember 2015. Saya sempat kecolongan, nggak tahu buku ini sudah terbit. Untung saya ngikutin FB-nya Susan Elizabeth Phillips yang ngasih tahu tentang buku ini. Ternyata para penulis romance disono cukup kompak ya, saling mempromokan buku-buku terbaru rekannya :)

Novel ini termasuk kedalam seri Blue Heron, buku kelima tepatnya. Tokoh-tokoh utamanya adalah Jessica, mantan pelayan bar yang sekarang bekerja sebagai Humas di winery Blue Heron, dan Connor, saudara kembar Colleen si bartender yang juga punya kisahnya tersendiri.

Cerita dimulai dari Connor yang melamar Jessica tapi tidak dianggap serius oleh Jess. Connor kemudian memberi ultimatum bahwa ini terakhir kalinya mereka putus dan ia tidak akan menerima Jessica kembali. Selama sepuluh tahun mereka berhubungan, mungkin mereka sudah pernah putus lebih dari empat kali. Dan setiap kalinya selalu Jessica yang memutuskan dan Connor yang datang untuk kembali kepasa Jessica.

Setelah itu alur cerita berpindah-pindah dari masa lalu, awal mereka mulai terhubung, hingga ke masa sekarang setelah peristiwa lamaran itu. Dengan begitu kita dibawa kepada latar belakang dan saat-saat yang membentuk hubungan Jessica dan Connor, dan ke masa sekarang dimana mereka akhirnya memutuskan untuk menghadapi permasalahan mereka yang sebenarnya.

Jessica berasal dari keluarga miskin yang tinggal di trailer hampir seumur hidupnya. Ia memiliki seorang adik laki-laki, Davey, yang memiliki kelainan mental sehingga seumur hidupnya akan selalu memiliki pikiran seperti anak kecil. Kedua orang tuanya pemabuk, sehingga semenjak remaja Jess sudah bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membiayai pengobatan adiknya. 

Ia terbiasa hidup mandiri dan tidak bergantung kepada siapapun sehingga mencintai dan membutuhkan Connor seolah mengambil sebagian dari kemandiriannya. Dan juga, bagaimana kalau suatu hari nanti Connor berhenti mencintai Jess, gadis miskin murahan yang sudah meniduri banyak cowok semasa high school sehingga digelari Jessica Does?

Connor berasal dari keluarga berada. Ayahnya seorang pengusaha yang memiliki kedekatan dengan para penguasa. Connor tidak dekat dengan ayahnya dan ia selalu merasa menjadi sumber kekecewaan ayahnya. Tidak pernah ada pujian bagi Connor, sementara Collen adalah buah hati ayahnya. Untung saja Connor sangat dekat dengan ibunya. Perasaan Connor berubah menjadi kebencian ketika beberapa kali ia memergoki ayahnya sedang bermesraan dengan perempuan lain, dan berpuncak ketika ayah Connor meninggalkan ibunya demi perempuan lain.

Walaupun sejak kecil sudah satu sekolah dengan Jessica, mereka baru benar-benar saling memperhatikan ketika anjing Davey menyerang dan mengigit Connor. Ayah Connor langsung meminta anjing tersebut dibunuh sehingga membuat Davey trauma. Setelah itu, setiap bertemu Connor Davey selalu terguncang dan panik.

Membaca hubungan antara Connor dan Jessica ini kadang membuat saya gemas. Praktis mereka berhubungan selama sepuluh tahun, putus sambung, tanpa diketahui siapa-siapa. Kesabaran Connor dalam menghadapi Jessica itu beneran bikin kagum. Setiap kali mereka kembali berpacaran, setiap kali itu pula terasa hubungan mereka semakin dalam.

Walaupun berusaha mengalihkan perhatiannya kepada perempuan lain, tetapi setiap melihat Jessica terluka Pasti Connor memutuskan hubungannya dengan perempuan itu. Sampai akhirnya Connor pasrah, menerima sisa-sisa perhatian Jessica yang didominasi oleh Davey.

Jessica kadang membuat saya jengkel. Udah segitunya pengorbanan Connor tapi kok rasanya Connor mesti ngemis perhatian ke Jessica. Apalagi setiap kali ia menjadikan Davey untuk menjauhi Connor.

Persoalan semakin bertambah ketika ayah Jess dan Davey yang sudah bertahun-tahun menghilang, sejak kematian ibu mereka, pulang dan meminta menjadi bagian dari hidup mereka.
I’ve worked a full-time job since I was fifteen years old, and you stole my savings and put me in debt. I’ve never had a vacation. I slept with half the boys in my high school so they’d look out for Davey, because you were off in a bar somewhere, and I’ve never had fewer than two jobs. And you let me. Why didn’t you want to be a real father back then?” Tears burned down her face like acid
Siapkah Jessica melonggarkan keprotektifannya terhadap Davey dan membagi ketakutan-ketakutannya kepada Connor.

Silakan dibaca buku ini. Dan menurut saya Anything For You merupakan yang terbaik dari seri Blue Heron.


No comments:

Post a Comment