Monday, December 30, 2013

Book Kaleidoskop 2013 : Top Five Books I Thought I Wouldn’t Like But...


Hari ini adalah hari keempat untuk Book Kaleidoskop 2013 yang diadakan oleh Mbak Fanda Classiclit. Tema hari ini bebas dan saya memilih merating buku-buku yang awalnya menurut saya ga bakal saya sukai ternyata ujung-ujungnya malah menjadi salah satu buku favorit saya.

Sering kan kita menemukan buku yang covernya hanya sekali lihat udah bikin kita pengen kabur jauh-jauh. Atau sinopsis yang tidak jelas menceritakan apa isi buku, atau buku-buku yang jelas-jelas ada di luar comfort zone kita.

Nah, di tahun 2013 ini ada beberapa buku yang saya baca yang masuk kedalam kategori diatas. Awal membaca buku tersebut saya sudah memiliki persepsi yang tidak bagus, tapi ternyata buku-buku tersebut berhasil memutar balik dugaan saya dan kemudian masuk kedalam daftar buku favorit saya.

Berikut daftar buku tersebut :

5. Camar Biru – Nilam

 


Saya jarang membaca novel Indonesia, apalagi novel-novel terbitan Gagasmedia. Walaupun sudah sering melihat review buku ini di Goodreads, tapi sama sekali ga timbul niat buat membelinya. Sewaktu terpilih sebagai salah satu blogger yang menerima kado dalam rangka ultah Gagasmedia, saya memilih buku ini sebagai salah satu hadiah. Gratis sih, makanya ga rugi. Hehehehehe...


Sewaktu mulai membacanya juga ga ada ekspektasi tinggi. Covernya cantik tapi kesannya kok gloomy, terus juga sinopsis di belakang buku rada ga jelas. Tapi ternyata buku ditulis dengan cantik dan bikin perasaan sedikit mengharu biru. Walaupun saya tetep ga suka kebiasaan tokoh cewek yang suka merokok ;(


4. Trash – Andy Mulligan
 

Pertama melihat buku ini saya sama sekali ga minat. Cover buku bergambar sampah berbentuk bumi ini udah membuat saya eneg duluan. Tapi saat menemukan buku ini didiskonan Gramedia seharga 10rb rupiah, tangan saya otomatis mengambilnya. Yah, saya emang ga tahan ama diskonan. Walaupun ada rasa ga suka sama buku ini toh tetep juga dibeli ;)

Trus setelah membaca dua bab pertama masih tetep ga suka. Penggambaran barang-barang yang ditemukan ditempat pengumpulan sampah sukses bikin saya mual. Beberapa kali buku ini saya simpan kembali buat dilanjutkan nanti-nanti.

Tetapi setelah memasuki petualangannya, saya langsung tidak bisa berhenti. Dalam waktu beberapa jam buku ini berhasil saya selesaikan. Yang menarik bukan hanya petualangannya saja, tetapi juga dengan situasi sosial dan politik yang digambarkan dengan baik oleh Andy Mulligan



3. My best friend’s girl : Dorothy Komsoon
 

Oke, pertama membaca judul buku ini saya berpikir si tokoh utama naksir pacar temennya. Ternyata saya salah! Buku ini bercerita tentang Kamryn yang diminta mengadopsi anak perempuan sahabatnya, Adelle, yang juga sebenarnya adalah anak mantan tunangan Kamryn. Kamryn memutuskan pertunangannya saat mengetahui hal itu.

Pertama saya merasa jengkel, karena tema perselingkuhan sangat saya benci. Tapi entah kenapa saya lanjut juga membaca buku ini, dan ternyata sangat menyukainya. Walaupun ada beberapa hal yang tidak sesuai harapan saya, tetapi buku ini cukup memikat saya.


 
2. Can You Keep A Secret by Sophie Kinsella

 
Entah kenapa,dari dulu saya merasa ga suka sama Shopaholic-nya Sophie Kinsella. Padahal ga pernah baca bukunya. Nonton filmnya juga ga bikin wow. Tapi entah kenapa saat melihat buku ini saya mutusin buat bacanya. Dan diluar dugaan, buku ini membuat saya ngakak habis sama kelakuan Emma dan Jack. Belum lagi konflik keluarganya. Bahkan Jack terpilih sebagai salah satu top five book boyfriends saya tahun ini.

Tapi tetep aja, setelah baca buku ini belum ada niat lagi buat baca buku-buku Sophie Kinsella yang lainnya...


1. Just The Way You Are – Barbara Freethy


 Seperti yang saya bilang, tema perselingkuhan adalah yang paling saya benci. Tetapi saya tidak mengetahuinya saat membaca sinopsis buku ini di Goodreads. Saya pikir hanya tentang kisah seorang istri yang berusaha merebut hati suaminya. Dan saya juga tidak melihat-lihat review para goodreaders lainnya.

Saya cukup terkejut saat mengetahui bahwa ternyata si istri merebut suaminya ini saat si suami masih berstatus kekasih kakaknya. Saat itu saya berpikir untuk berhenti membaca. Tapi ada sesuatu pada diri si istri yang membuat saya malah bersimpati kepadanya, walaupun ia merebut kekasih kakaknya sendiri. Dan ternyata saya ga menyesal membaca buku ini. 5 bintang saya sematkan setelah selesai membacanya.

Nah, itulah tema yang saya pilih untuk hari keempat Book Kaleidoskop 2013, yaitu  buku-buku yang awalnya saya pikir ga bagus ternyata sangat menarik.  

2 comments:

  1. Replies
    1. Camar Biru ada sama Nes, lupa bilangin ke lo waktu pulang kemaren ni...

      Delete