Sunday, December 22, 2013

Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Sun





Judul                  : Simple Thinking Ablout Blood Type
Pengarang           : Park Dong Sun
Penerbit               : Haru
Tahun                 : 2013
ISBN                   : 9786027742253
Halaman              : 262
Rating                  : 3 of 5 stars
 


Synopsis :

Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Bloodtype ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!


Komik yang berbeda dari yang biasa saya baca. Lebih mirip seperti komik strip yang sering saya lihat dikoran-koran.

Disini penulis membahas mengenai sifat-sifat manusia berdasarkan golongan darah. Eitss... jangan takut dulu. Ini bukanlah jurnal ilmiah. Tapi memang hasil yang didapatkan penulis dari pengamatan sifat teman-temannya.

Berdasarkan pengamatan penulis :

  • Golongan darah A : teratur, taat aturan, peduli dan perhatian terhadap orang lain, tapi sulit beradaptasi dalam lingkungan sosial yang berubah cepat.
  • Golongan darah B : tidak suka mencampuri urusan orang lain, bila menyukai sesuai akan melakukannya berulang-ulang tanpa peduli orang lain, suka mengutarakan pendapat secara bebas dan optimis terhadap masa depan.
  • Golongan darah O : semangat hidup kuat, idealis sekaligus realistis, tetapi juga emosial dan tidak memiliki keberanian.
  • Golongan darah AB : kemampuan negosiasi baik, kritikus berbakat, pandai memberikan saran, tetapi juga aneh dan sentimental, tertarik pada kekuasan dan politik.

Ada banyak segi yang diamati oleh penulis, seperti bagaimana para golongan darah menghadapi masalah, dalam segi percintaan, sikap dalam menepati janji temu dan lain-lainnya.

Semua disajikan penulis dengan gambar dan kata-kata yang menarik dan lucu sehingga kita bisa tertawa membacanya. Memang ada beberapa hal terasa diulang, tetapi tetap tidak mengurangi kenikmatan membaca buku ini.
klik gambar untuk melihat ukuran besarnya

Ada beberapa hal yang tepat sasaran sehingga kita mikir “Eh, bener lho saya emang seperti itu” atau juga bagian-bagian yang absurd sehingga kita geleng-geleng kepala menyangkal ”Ah, ga gitu-gitu amat sih.”

Selain mengenai golongan darah ini, bagian bagian-bagian akhir ada diari bergambar si cowok gila, yang saya asumsikan adalah si penulis sendiri. diari ini berisi curhatan penulis tetap hal-hal yang menurutnya menarik, dan juga beberapa yang terkesan seperti sebuah cerita pendek bagi saya, walaupun hanya diceritakan dalam 6 kotak gambar saja seperi pada diary 04 dan diary 05.

klik gambar untuk melihat ukuran besarnya

Secara keseluruhan buku ini enak dibaca dengan gambar yang menarik, warna-warna lembut dan bahasa yang kocak. Tidak butuh waktu lama untuk membacanya. Dan sambil membaca kita bisa membayangkan teman-teman yang bergolongan darah tertentu dan mencocokannya dengan buku. Mungkin ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari buku ini :)

7 comments:

  1. 262 halaman lumayan juga yaa~ aku pengeeen bgt punya buku ini. Mba Ira pinjeeeem haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah serius? Asiik makasih. Mba mau pinjem Cheer Boy ku (dari Penerbit Haru juga)? Bilang aja ya kalo mw pinjem ;) Haha..

      Delete
  2. buku Bestseller di Gramedia mall deket rumah... masih nunggu buku yang ke-2 :)

    ReplyDelete
  3. golongan darah O gak mirip sama aku, padahal aku O >_<

    ReplyDelete