Tuesday, December 31, 2013

Book Kaleidoskop 2013 : Top Five Most Favorite Books



Daaaann...sampailah kita ke hari kelima Book Kaleidoskop 2013 yang diadakan oleh Mbak Fanda Classiclit. Tema hari ini adalah Top Five Most Memorable Books. 

Ada beberapa buku yang sangat menarik perhatian saya di tahun 2013 ini. Sebagian besar adalah buku-buku yang tidak saya sangka akan menjadi favorit saya. Tidak ada ekspektasi besar saat memulai membaca buku-buku tersebut.

Jadi saat selesai membaca saya cukup terkejut bahwa buku-buku tersebut bisa menyentuh dan menghibur saya dengan sangat dalam.

Berikut buku-buku yang saya maksudkan :

5. Can You Keep A Secret – Sophie Kinsella


Buku ini sungguh di luar dugaan saya. Karena udah ga suka duluan dengan Shopaholic (walaupun belum pernah baca), saya juga sudah siap-siap tidak menyukai buku ini. Tapi ternyata Sophie membuat saya terpaku di depan buku, tidak bisa berhenti membacanya.

Humor segar dengan tingkah laku tokohnya yang konyol dan kadang sedikit memalukan merupakan kekuatan buku ini. Ditambah dengan sedikit drama keluarga menjadikan buku ini komplit.

4. Just The Way You Are – Barbara Freethy



 Seperti yang sudah saya katakan di topik hari keempat, buku ini termasuk salah satu buku yang  sudah siap-siap untuk tidak saya sukai, ternyata berakhir dengan perasaan yang terhanyut. Buku ini menampilkan sudut pandang dari tokoh utama yang merebut kekasih kakaknya sendiri.

Biasanya tokoh seperti ini termasuk tokoh yang paling saya benci. Tapi di buku ini saya dibawa mendalami perasaan si tokoh yang pada saat ia mendapatkan keinginannya, juga kehilangan. Ia mendapatkan suami dan kehilangan kakaknya. Sementara, walaupun sudah menikah dengan lelaki yang dicintainya, si tokoh utama tetap tidak bisa merebut hati suaminya. Dan dengan keadaan tersebut, si tokoh utama berusaha berbuat yang terbaik untuk menyelamatkan keluarganya.

3. Revolting Rhymes – Road Dahl


Ini buku pertama Road Dahl yang saya baca. Ya..ya..ya.. saya tahu saya sudah ketinggalan banget kalau soal Road Dahl. Ini aja baca buku Revolting Rhyme karena membaca review temen-temen do goodreads. Dan waktu membacanya saya langsung hanyut oleh dongeng ala Road Dahl dengan terbahak oleh bahasa yang lucu dan bersemangat.

Dongeng yang ditulisnya adalah dongeng-dongeng yang biasa kita baca seperti Cinderella, Snow White, Jack and The Bean Stalk, dll. Tapi dengan sudut pandang yang sedikit berbeda dan mengerikan. Tidak seperti dongeng-dongeng yang biasa kita baca.

2. If You Find Me – Emily Murdoch


Satu lagi buku yang saya pikir hanya novel young adult biasa tapi akhirnya malah bikin saya berkaca-kaca. Carey dan adiknya Jenessa sering ditinggal selama berminggu-minggu di tengah hutan oleh ibunya. Bahkan saat mereka hampir kehabisan makanan, Carey harus memburu sendiri makanannya. Carey dilarikan ibunya saat berumur empat tahun dan sejak itu direcoki kebohongan bahwa ayahnya adalah orang yang suka menyiksa.

Hingga suatu hari ayah Carey muncul di hutan tempat mereka tinggal, membawa surat dari ibunya yang menyerahkan carey dan Jenessa kepada ayahnya. Sedikit demi sedikit Carey kemudian membuka rahasianya. Termasuk rahasia besar yang menyebabkan Jenessa tidak berbicara kepada orang lain selain Carey.

1. A Monster Calls – Patrick Ness


Buku ini.... sigh... 
Silakan baca review saya saja...


Nah, itulah 5 buku favorit saya tahun ini. Apa saja buku-buku favoritmu?



Book Kaleidoskop 2013
1. Top Five Book Boyfriend
2. Top Five Most Memorable Quotes
3. Top Five Best Book Covers
4. Top Five Books I Thought I Would't Like But...
5. Top Five Most Favorit Books

5 comments:

  1. Replies
    1. ayo dimasukin ke daftar to-read Sulis :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. If You Find Me sama A Monster Call itu udah dari lamaaa aku punya, dan udah sering banget disuruh temen buat baca, tapi sampe sekarang belum kesentuh juga :'
    Kak Rie pernah baca Stolen-nya Lucy Christopher, belum? Entah kenapa tiap baca sinopsis atau review If You Find Me aku keingetan sama Stolen terus, bukunya bagus dan bikin terharu <3

    ReplyDelete
  4. Aku pengen baca buku urutan lima :D

    ReplyDelete