Wednesday, December 4, 2013

Theodore Boone : The Lawyer Kid (Theodore Boone #1) by John Grisham





Judul                     : Theodore Boone:The Kid Lawyer (Pengacara Cilik)
Pengarang           : John Grisham
Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
ISBN                     : 9789792262
Tahun Terbit        : 2010
Halaman              : 272
Rating                 : 3 of 5 stars

Kedua orangtua Theodore Boone adalah pengacara. Ayahnya pengacara real estate sedangkan ibunya pengacara perceraian. Karena menderita asma, Theo tidak bisa aktif di bidang olahraga. Tapi kekurangan itu ditutupinya dengan menjadi ketua tim debat, dan kadang-kadang membuka praktek hukum untuk teman-temannya di sekolah.

Sementara kebanyakan teman-teman bermain di waktu luang mereka, Theo menghabiskan hari-harinya di kantor hukum Boone & Boone milik orangtuanya, ataupun menghadiri persidangan di pengadilan. Terutama di ruang pengadilan Hakim Henry Gantry. Kalau tidak sedang berkhayal menjadi pengacara yang hebat, Theodore juga membayangkan dirinya menjadi hakim seperti Hakim Gantry yang tegas dan bijaksana.

Dan kali ini Hakim Gantry mendapat kasus panas, yaitu pembunuhan istri seorang konglomerat di kota mereka. Tersangka adalah suami perempuan itu sendiri yaitu Mr. Duffy. Tetapi pada saat pembunuhan terjadi Mr. Duffy sedang ada di lapangan golf.

Banyak orang yang percaya Mr. Duffy bersalah, tetapi kurangnya bukti membuat kesempatan Mr. Duffy  untuk bebas semakin besar.

Di sekolah Theo dihampiri oleh seorang temannya yang ingin berkonsultasi hukum kepadanya. Ia percaya bahwa ada saksi yang melihat Mr. Duffy kembali ke rumah pada jam pembunuhan terjadi, tetapi takut untuk maju kedepan karena status imigrannya. Dan temannya tersebut meminta Theo untuk bersumpah agar tidak mengatakan apa-apa ke siapapun juga. Hukum kerahasiaan antara pengacara dan kliennya harus dipegang teguh.


Pada saat membeli buku ini saya sedikit berharap bahwa kisahnya akan se-intens The Client yang tokoh utamanya juga seorang anak remaja seperti Theo. Tetapi sampai selesai saya baca, kisah dan ketegangannya ternyata biasa-biasa saja. Saya jadi sedikit kecewa.

Setelah mengecek goodreads, saya baru menyadari bahwa buku ini merupakan buku pertama seri Theodore Boone, si anak pengacara dan memang pembaca yang ditargetkannya adalah anak-anak sampai remaja. Saya langsung merasa lega karena tadinya sempat berpikir kalau kemampuan menulis John Grisham sudah menurun. Karena ini buku berseri maka kesempatan untuk memperdalam karakter tokoh bisa kita ditemukan di buku-buku selanjutnya.

Dan sebagai buku yang ditujukan untuk anak dan remaja, buku ini sangat kaya informasi mengenai sistem hukum di Amerika. Menurut saya akan banyak anak-anak yang merubah cita-citanya untuk menjadi pengacara setelah  membaca buku ini.

Walaupun lumayan sarat dengan istilah hukum, tapi penjelasannya dibawakan dengan bahasa  yang sederhana dan ringan sehingga mudah dimengerti. Dan juga tidak ketinggalan dengan petualangan Theodore dalam menyingkap kasus pembunuhan membuat buku ini semakin memenuhi syarat sebagai buku remaja.

2 comments:

  1. Aku paling suka buku ke-3 mbak, sarat dengan emosi ceritanya. Seri ini awal-awalnya memang berkesan datar, konfliknya belum terbentuk secara matang.

    ReplyDelete
  2. iya... aku juga paling suka yang buku ke-3 mbak. tapi di buku keempat rasanya Theo terlalu sempurna deh...

    ReplyDelete